Main Article Content

Abstract

Latar belakang
Anatomi merupakan ilmu dasar yang sangat penting bagi mahasiswa kedokteran. Walaupun pengajaran anatomi telah diselenggarakan pada semester awal, namun pada praktek klinik, mahasiswa kesulitan untuk mengaplikasikan ilmu ini pada suatu kasus. Untuk itu kombinasi metode yaitu recalling melalui minikuis disertai kasus klinik (applied and clinical question) sangat urgen.

Metode
Peserta yang mengikuti program ini adalah mahasiswa semester VI, Program studi Pendidikan Dokter Fakultas Kedokteran Universitas Islam Indonesia. Applied and clinical anatomy question disusun setiap minggu sebanyak 1 sampai 2 soal, dan pada akhir blok dalam ujian blok sebanyak 8 sampai dengan 11 soal. Total soal berjumlah 53 soal. Pada awal setiap blok dilakukun pretes sebanyak antara 11 sampai dengan 19 soal, total soal 50. Pada pertengahan berjalannya blok, departemen Anatomi memberi kuliah contoh contoh soal antomi klinik dan pembahasan, dan mendorong kembali mahasiswa mempelajari anatomi klnik secara mandiri. Setelah selesai blok (akhir semester) peserta mengikuti postes sebanyak 50 soal. Kuasioner dan focus group discussion mahasiswa untuk evaluasi.

Hasil
Rata-rata nilai pretes anatomi klinik dibanding postes meningkat yaitu 39,9(±7,97) menjadi 47,41 (±8,47) dengan nilai p=0,00. Sebanyak 95,29% mahasiswa menyadari pentingnya anatomi untuk memahami penyakit. Sebanyak 84,70% menyatakan Applied and clinical question untuk anatomi bermanfaat.

Kesimpulan.
Mahasiswa menyadari pentingnya anatomi untuk memahami penyakit. dan menyatakan Applied and clinical question untuk anatomi bermanfaat. Applied and clinical question dapat meningkatkan pemahaman anatomi (p=0,00). Namun adanya tujuan belajar yang lebih rinci untuk fase lanjut terkait anatomi klinik untuk panduan belajar anatomi secara mandiri perlu disiapkan.

Article Details