Main Article Content

Abstract

Pesatnya perkembangan teknologi informasi komunikasi di dekade terakhir ini terlihat dari peningkatan jumlah pengguna internet di seluruh dunia. Dibandingkan dengan platform media sosial lain, Youtube menjadi media sosial yang paling populer di kalangan anak muda. Vlog (video blog) buatan Gita Savitri menjadi objek penelitian dalam artikel ini dikarenakan keragaman konten vlog, tidak hanya tentang kuliner, make up dan fashion seperti halnya kebanyakan vlogger wanita, namun juga membahas kehidupan di Jerman, segmen opini yang membahas tentang fenomena yang terjadi saat ini. Artikel ini membahas tentang representasi identitas perempuan dalam vlog serta dikaitkan dengan konsep budaya anak muda. Metode penelitian ini adalah semiotika dengan menganalisis korpus-korpus dalam vlog Gitasav. Kesimpulan dari penelitian ini adalah ditemukan tiga jenis identitas antara lain identitas budaya, identitas sosial dan identitas pribadi yang lekat dengan budaya anak muda

Article Details

Author Biography

Ratna Permata Sari, Universitas Islam Indonesia

Lecturer in Departement Communications, Universitas Islam Indonesia

References

  1. Daftar Pustaka
  2. Widiartanto, Yoga Hastyadi. Pengguna Internet di Indonesia capai 132 juta. www.tekno.kompas.com/read/2016/10/24/15064727/2. 2016 (4 Mei 2017)
  3. Sugiharto, Bintoro Agung. Pengguna Internet di Indonesia Didominasi Anak Muda. www.cnnindonesia.com/teknologi/201610241617. 2016 (4 Mei 2017).
  4. Youtube most popular app for Indonesian smartphones users. www.thejakartapost.com/life/2016/06/17/youtube. 2016 (4 Mei 2017).
  5. www.teen.co.id
  6. Burke, Peter J & Stets, Jan E. Identity Theory. Oxford University Press. www.m.oxfordscholarship.com/mobile/view/10.1093/acprof:oso/9780195388275.001.0001/acprof-9780195388275. (4 Mei 2017). 2012
  7. Aisyah, Siti.Video blog sebagai media representasi diri vlogger di kota Makassar. Program studi ilmu komunikasi FISIP Universitas Hasanuddin Makssar. Skripsi. 2017
  8. Herlina, Mira & Linda Islami. “Hubungan antara trend penggunaan video blog di media sosial dengan kepuasan pada aktualisasi diri remaja. Prosiding Seminar Nasional Komunikasi. 2016
  9. Palinoan, Imanuella Yunike. Dampak Tayangan Vlog di Youtube terhadap gaya hidup Hedonis anak siswa SMA Kristen Sunodia. eJournal Ilmu Komunikasi. 2017
  10. Barker, Chris. Cultural Studies: Teori dan Praktik. Yogyakarta: Kreasi Wacana. 2008
  11. https://dictionary.cambridge.org/dictionary/english/inspire
  12. Noor, Khalida. Anak Muda dan Budaya Belanja Online ( Studi tentang perilaku Collective Group Buying di Mbakdiskon.com pada kalangan anak muda Yogyakarta). Skripsi. Prodi Sosiologi Universitas Gajah Mada Yogyakarta. http://etd.repository.ugm.ac.id/index.php?mod=penelitian_detail&sub=PenelitianDetail&act=view&typ=html&buku_id=64566 . 2013 (15 Desember 2017)