Main Article Content

Abstract

            Investor menginvestasikan dananya ke dalam pasar modal dengan mengharapkan adanya capital gain ataupun adanya dividen. Meskipun investor mengharapkan capital gain ataupun adanya dividen tentu saja adanya kondisi tersebut tidak luput dengan adanya resiko yang dihadapi para investor.Investor sangat mempertimbangkan dalam memutuskan investasinya salah satu yang menjadi perhatian investor dalam memutuskan investasinya dapat diketahui dari harga saham perusahaan yang akan dilakukan investasi, dikarenakan harga saham merupakan cerminan dari kondisi perusahaan secara umum. Akan tetapi ada beberapa faktor yang dapat menyebabkan harga saham diantaranya pertumbuhan perusahaan, total asset turn over, return on investment, earning per share.

          Tujuan yang diharapkan dari penelitian ini pertama untuk mengetahui apakah pertumbuhan perusahaan berpengaruh terhadap harga saham pada perusahaan manufaktur yang terdaftar di Bursa Efek Indonesia, kedua untuk mengetahui apakah total asset turnover berpengaruh terhadap harga saham pada perusahaan manufaktur yang terdaftar di Bursa Efek Indonesia, ketiga untuk mengetahui apakah return on invesment berpengaruh terhadap harga saham pada perusahaan manufaktur yang terdaftar di Bursa Efek Indonesia, keempat untuk mengetahui apakah earning per share berpengaruh terhadap harga saham pada perusahaan manufaktur yang terdaftar di Bursa Efek Indonesia, kelima untuk mengetahui apakah pertumbuhan perusahaan, total asset turnover, return on investment dan earning per share berpengaruh terhadap harga saham pada perusahaan manufaktur yang terdaftar di Bursa Efek Indonesia.

Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa secara simultan pertumbuhan perusahaan, total asset turnover, return on investment dan earning per share berpengaruh terhadap harga saham pada perusahaan manufaktur di BEI, sedangkan secara parsial variabel yang berpengaruh terhadap harga saham adalah earning per share.

Keywords

Pertumbuhan Perusahaan Total Asset Turnover Return on Invesment Earning Per Share dan Harga Saham

Article Details

Author Biography

FIRMANSYAH FIRMANSYAH FIRMANSYAH, STIE MAHAPUTRA RIAU

DEPARTEMEN MANAJEMEN

References

  1. Jogiyanto H.M,2000. Teori Portofolio dan Analisis Investasi. Penerbit BPFE,Yogyakarta.
  2. Muhardi Werner,2013. Analisis Laporan Keuangan, Proyeksi dan Valuasi Saham. Penerbit Salemba Empat, Jakarta.
  3. Priatinah Denies dan Prabandaru Adhe Kusuma,2012. Pengaruh Return on Invesment (ROI), Earning Per Share (EPS), dan Dividen Per Share (DPS) Terhadap Harga Saham Perusahaan Pertambangan Yang Terdaftar Di Bursa Efek Indonesia (BEI) Periode 2008 – 2010. Jurnal Nominal, Volume I, No I.
  4. Rachmad Alwi Abdul dan Sutrisno,2013. Analisis Pengaruh Faktor-Faktor Fundamental Terhadap Harga Saham Perusahaan Manufaktur. Procedding Seminar Nasional dan Call Papers Sancal, Surakarta, 23 Maret.
  5. Tan Syamsurijal, Agus Syarif dan Delfira Ariza,2014. Analisis Faktor-Faktor yang Mempengaruhi Harga Saham Pada Industri Trasportation Services Di Bursa Efek Indonesia Tahun 2009 – 2012. Jurnal Dinamika Manajemen, Volume 2, No. 2, April-Juni.