"http://www.w3.org/TR/xhtml1/DTD/xhtml1-transitional.dtd"> Efektivitas Shalat Tahajud dalam Mengurangi Tingkat Stres Santri | Azam | JIP : Jurnal Intervensi Psikologi

Efektivitas Shalat Tahajud dalam Mengurangi Tingkat Stres Santri

Sabiq M. Azam, Zaenal Abidin

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui efektivitas shalat tahajud dalam menurunkan stres Santri Pondok Islam “Y” Bekasi Jawa Barat. Penelitian ini merupakan penelitian eksperimen pretest posttest control group design. Hipotesis penelitian ada 2, yang pertama ada penurunan tingkat stres individu setelah melakukan shalat tahajud dibandingkan dengan sebelum melakukan shalat tahajud, dan hipotesis kedua adalah tingkat stres santri yang melakukan shalat shalat tahajud lebih rendah dibandingkan dengan yang tidak melakukan shalat tahajud. Sampel penelitian ini sebanyak 30 santri, yang terdiri atas 15 santri pada kelompok eksperimen dan 15 santri pada kelompok kontrol. Metode penggalian data dengan menggunakan satu skala psikologi yang terdiri atas 2 aspek yaitu biologis dan psikologis. Hasil uji validitas pada skala stres terdapat 44 aitem valid (α = 0,953), dan analisis data menggunakan paired t test dan independent sample test. Hasil prates dan pascates kelompok eksperimen didapatkan nilai t hitung sebesar 10,821 dengan p sebesar 0,000 (p<0,05), yang berarti ada penurunan tingkat stres individu setelah melakukan shalat tahajud dibandingkan dengan sebelum melakukan shalat tahajud. Hasil pengujian pascates antara kelompok eskperimen dan kelompok kontrol didapatkan t hitung sebesar -5,042 dengan p sebesar 0,000 (p<0,05). Hal ini berarti tingkat stres santri yang melakukan shalat shalat tahajud lebih rendah dibandingkan dengan yang tidak melakukan shalat tahajud. Jadi shalat tahajud terbukti sangat efektif dapat mengurangi tingkat stres santri di Pondok Islam “Y” Bekasi Jawa Barat.


Full Text:

PDF


DOI: http://dx.doi.org/10.20885/intervensipsikologi.vol6.iss2.art3


Contact

Program Magister Profesi Psikologi

Universitas Islam Indonesia

Kampus Terpadu UII

Jl. Kaliurang Km 14,5 Yogyakarta 55584

Telp. (0274) 896146 psw 2106, 2660; fax. (0274) 896147

Email: jip@uii.ac.id

 

 

JIP : Jurnal Intervensi Psikologi
Published by: 
Master of Profesi Psychology, Faculty Psychology and Social Humanity, Islamic University of Indonesia

Creative Commons License
JIP (Jurnal Intervensi Psikologi) at http://journal.uii.ac.id/index.php/Intervensipsikologi/ is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.

Journal Visits