"http://www.w3.org/TR/xhtml1/DTD/xhtml1-transitional.dtd"> Penggunaan Storytelling untuk Meningkatkan Kesiapan untuk Berubah pada Karyawan | Silangit | JIP : Jurnal Intervensi Psikologi

Penggunaan Storytelling untuk Meningkatkan Kesiapan untuk Berubah pada Karyawan

Endang Veronica Br Silangit, Haryanto FR

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui apakah penggunaan storytelling mampu meningkatkan kesiapan untuk berubah karyawan. Storytelling digunakan untuk menyampaikan lima komponen pesan perubahan pada karyawan. Subjek dalam penelitian ini adalah karyawan perusahaan industri telekomunikasi wilayah Yogyakarta. Subjek dibagi dalam dua kelompok yaitu kelompok eksperimen dan kelompok kontrol dimana masing-masing kelompok berjumlah 10 orang. Kelompok eksperimen diberikan storytelling sebanyak lima kali pertemuan, sedangkan kelompok kontrol tidak diberikan perlakuan. Rancangan eksperimen menggunakan untreated pretest-posttest control group design (Shadish, Cook & Campbell, 2002). Data yang diperoleh dianalisis melalui uji Wilcoxon Signed‐Rank Test. Hasil menunjukkan bahwa storytelling efektif untuk meningkatkan kesiapan untuk berubah (z = -2.197, p< 0,05).


Full Text:

PDF


DOI: http://dx.doi.org/10.20885/intervensipsikologi.vol6.iss2.art5


Contact

Program Magister Profesi Psikologi

Universitas Islam Indonesia

Kampus Terpadu UII

Jl. Kaliurang Km 14,5 Yogyakarta 55584

Telp. (0274) 896146 psw 2106, 2660; fax. (0274) 896147

Email: jip@uii.ac.id

 

 

JIP : Jurnal Intervensi Psikologi
Published by: 
Master of Profesi Psychology, Faculty Psychology and Social Humanity, Islamic University of Indonesia

Creative Commons License
JIP (Jurnal Intervensi Psikologi) at http://journal.uii.ac.id/index.php/Intervensipsikologi/ is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.

Journal Visits