"http://www.w3.org/TR/xhtml1/DTD/xhtml1-transitional.dtd"> Teknik Pengelolaan Diri Perilakuan dalam Menurunkan Kecanduan Internet pada Mahasiswa Yogyakarta | Mutohharoh | JIP : Jurnal Intervensi Psikologi

Teknik Pengelolaan Diri Perilakuan dalam Menurunkan Kecanduan Internet pada Mahasiswa Yogyakarta

Annisa Mutohharoh, Erika Setyanti Kusumaputri

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh dari teknik pengelolaan diri perilakuan dalam menurunkan kecanduan internet. Subjek penelitian dalam eksperimen ini sebanyak 7 orang mahasiswa. Karakteristik subjek di antaranya : 1) Durasi penggunaan internet antara 8 – 38 jam perminggu atau 2 – 5,5 jam perhari, dan 2) Memiliki kecanduan internet sedang ditunjukkan dengan skor antara 66-88. Kelompok eksperimen mendapatkan perlakuan berupa teknik pengelolaan diri perilakuan selama empat kali pertemuan. Pengumpulan data dalam penelitian ini dilakukan dengan menggunakan skala kecanduan internet. Metode analisis data yang digunakan adalah statistik nonparametrik dengan menggunakan teknik Wilcoxon Signed-Rank Test untuk menguji beda skor dari dua sampel yang berpasangan yaitu data prates dan pascates pada kelompok eksperimen. Hasilnya menunjukkan bahwa teknik pengelolaan diri perilakuan memiliki pengaruh yang signifikan dalam menurunkan kecanduan internet pada mahasiswa (p=0,028).


Full Text:

PDF


DOI: http://dx.doi.org/10.20885/intervensipsikologi.vol5.iss2.art7


Contact

Program Magister Profesi Psikologi

Universitas Islam Indonesia

Kampus Terpadu UII

Jl. Kaliurang Km 14,5 Yogyakarta 55584

Telp. (0274) 896146 psw 2106, 2660; fax. (0274) 896147

Email: jip@uii.ac.id

 

 

JIP : Jurnal Intervensi Psikologi
Published by: 
Master of Profesi Psychology, Faculty Psychology and Social Humanity, Islamic University of Indonesia

Creative Commons License
JIP (Jurnal Intervensi Psikologi) at http://journal.uii.ac.id/index.php/Intervensipsikologi/ is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.

Journal Visits