Main Article Content

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui sejauhmana pengaruh pelatihan terhadap kohesivitas tim. Subjek penelitian terdiri atas 25 orang tenaga kependidikan. Penelitian ini adalah penelitian eksperimen dengan model rancangan prates dan pascates dengan menggunakan kelompok eksperimen (one-group pretest-posttest design). Subjek penelitian diberi perlakuan berupa pelatihan dengan metode outbound training. Pengukuran dilakukan sebelum pelatihan berlangsung dengan menggunakan 45 pernyataan yang terdapat dalam skala kohesivitas tim dan satu bulan setelah perlakuan. Hasil pengukuran menunjukkan bahwa pelatihan yang dilakukan memberikan pengaruh terhadap kohesivitas tim. Terdapat peningkatan kohesivitas tim setelah diberi pelatihan.

 

Article Details

How to Cite
Noviati, N. P., & Zipi, N. P. (2013). Pengaruh Pelatihan Outbound terhadap Peningkatan Kohesivitas Tim Tenaga Kependidikan. JIP (Jurnal Intervensi Psikologi), 5(2), 289–305. https://doi.org/10.20885/intervensipsikologi.vol5.iss2.art9