"http://www.w3.org/TR/xhtml1/DTD/xhtml1-transitional.dtd"> Efektivitas Pelatihan Kebersyukuran Untuk Meningkatkan Kualitas Hidup Pasien Penyakit Paru Obstruktif Kronik (PPOK) | Cahyandari | JIP : Jurnal Intervensi Psikologi

Efektivitas Pelatihan Kebersyukuran Untuk Meningkatkan Kualitas Hidup Pasien Penyakit Paru Obstruktif Kronik (PPOK)

Rinova Cahyandari

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui efektivitas pelatihan kebersyukuran dalam meningkatkan kualitas hidup (kualitas hidup terkait kesehatan) pada pasien dengan Penyakit Paru Obstruktif Kronik (PPOK) di UPKPM Unit Kalasan. Responden dalam penelitian ini terdiri atas 12 pasien PPOK. Data diperoleh melalui kuesioner The St George Respiratory Questionnaire (SGRQ). Penelitian ini menggunakan desain kuasi eksperimen ipretest-posttest control group design). Hipotesis dalam penelitian ini adalah terdapat perbedaan kualitas hidup antara kedua kelompok (eksperimen dan kontrol) setelah dilakukan pelatihan kebersyukuran. Pelatihan kebersyukuran dapat meningkatkan skor kualitas hidup kelompok ekperimen. Pengujian hipotesis menggunakan uji Mann Whitney dan ditemukan hasil bahwa hipotesis dalam penelitian ini diterima. Hal tersebut berarti bahwa terdapat perbedaan kualitas hidup di antara kedua kelompok tersebut baik pada pra- pascates maupun pra-tindak lanjut Pelatihan kebersyukuran dapat meningkatkan kualitas hidup pasien PPOK setelah dilakukan pelatihan hingga pada tahap tindak lanjut (dua minggu setelah pelatihan berakhir). Kata Kunci: pelatihan kebersyukuran, kualitas hidup, Penyakit Paru Obstruktif Kronik (PPOK)

Full Text:

PDF


DOI: http://dx.doi.org/10.20885/intervensipsikologi.vol7.iss1.art1


Contact

Program Magister Profesi Psikologi

Universitas Islam Indonesia

Kampus Terpadu UII

Jl. Kaliurang Km 14,5 Yogyakarta 55584

Telp. (0274) 896146 psw 2106, 2660; fax. (0274) 896147

Email: jip@uii.ac.id

 

 

JIP : Jurnal Intervensi Psikologi
Published by: 
Master of Profesi Psychology, Faculty Psychology and Social Humanity, Islamic University of Indonesia

Creative Commons License
JIP (Jurnal Intervensi Psikologi) at http://journal.uii.ac.id/index.php/Intervensipsikologi/ is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.

Journal Visits