Main Article Content

Abstract

Sistem E-commerce memiliki manfaat diantaranya memberikan informasi yang akurat, serta meningkatkan profit. Manfaat ini dapat dirasakan ketika menggunakan E-Sayur. E-Sayur merupakan suatu platform jual beli bahan pangan yang mengaplikasikan sistem E-commerce. Sistem E-Sayur dikembangkan dari beberapa penelitian sebelumnya. Sistem yang dimiliki oleh E-Sayur lebih memberikan ruang kepada pengguna untuk melakukan jual beli serta mampu memberikan layanan pemesanan bahan pangan yang baru saja dipanen. Pengembangan diawali dengan mengkaji kasus yang ada untuk menentukan kebutuhan fungsional yang diperlukan.  Fitur-fitur pada E-Sayur diimplementasikan dari kebutuhan fungsional yang telah ditentukan. Pengujian rancangan sistem menggunakan metode System Usability Scale. Sistem E-Sayur  memiliki sistem dan desain yang user friendly dan sederhana agar E-Sayur mudah untuk digunakan oleh pengguna.

Keywords

jual beli sayur toko sayur online E-commerce marketplace

Article Details

References

  1. D. Susandi dan Sukisno, “Sistem penjualan berbasis E-commerce menggunakan metode objek oriented pada distro di lapak street wear” J. Sistem Informasi, vol. 4, hal. 5-8.
  2. U. Abdulrohim, H. Gunawan, dan T. Herlambang, “Aplikasi E-commerce penjualan hasil pertanian tanaman sayuran berbasis website studi kasus di Balitsa Lembang” J. Teknologi Informasi dan Komunikasi, vol. 4, hal. 1-8.
  3. B. D. Hutauruk, J. F. Naibaho, dan B. Rumahorbo, “Analisis dan perancangan aplikasi marketplace cinderamata khas batak berbasis android” J. Methodika, vol. 3, hal. 242-246.
  4. D. Apriadi dan A. Y. Saputra , “E-commerce berbasis marketplace dalam upaya mempersingkat distribusi hasil pertanian” J. Rekayasa Sistem dan Teknologi Informasi, vol. 1, hal. 131-136.