Main Article Content

Abstract

Pendidikan nasional bertujuan untuk
mencerdaskan kehidupan bangsa dan berkembangnya potensi
peserta didik. Teknologi informasi saat ini sudah sangat
berkembang, perkembangan teknologi ini dapat digunakan
dalam berbagai bidang. Yaitu, pada bidang pendidikan
mengenai pengolahan data nilai siswa, sehingga dapat
memberikan layanan yang optimal kepada guru, siswa, dan
orang tua siswa. Penggunaan teknologi informasi di dunia
pendidikan dapat mengurangi potensi kesalahan dalam
mengolah data nilai siswa. Sejak tahun 2016 hingga 2021 sudah
banyak penelitian mengenai Sistem Informasi Monitoring
Penilaian Pembelajaran. Setelah melakukan pencarian dengan
menggunakan kata kunci “sistem informasi monitoring”.
“sistem informasi penilaian”, dan “sistem informasi akademik”,
penulis mengumpulkan 43 literatur, kemudian literaturliteratur tersebut melalui proses seleksi berdasarkan kriteria
inklusi sehingga terpilih 20 literatur yang memenuhi dan akan
dimasukan ke dalam kajian literatur ini. Kajian literatur ini
dibuat untuk meninjau berbagai literatur dari penelitian
sebelumnya tentang Sistem Informasi Monitoring Penilaian
Pembelajaran untuk mengetahui tren penelitian dalam hal
model penilaian, data yang dikelola pada fitur, serta metodologi
yang digunakan. Hasilnya juga dapat membantu penulis dalam
merancang dan mengembanhkan Sistem Informasi Monitoring
Penilaian Pembelajaran.

Article Details