Main Article Content

Abstract

Latar Belakang : Kasus kematian ibu yang ditemukan dengan covid-19 diakibatkan penyakit penyerta sebelumnya, dengan penyakit penyerta paling umum yaitu obesitas, diabetes gestasional, dan asma. Ibu dengan penyakit penyerta atau komorbid lebih berisiko untuk tertular COVID-19 dan dengan komplikasi yang lebih parah bahkan dapat menyebabkan kematian.


Tujuan : untuk mengetahui apakah COVID-19 pada ibu hamil dengan penyakit penyerta (komorbiditas) akan meningkatkan keparahan penyakit dan risiko kematian ibu.


Metode : Metode penelitian yang digunakan adalah penelitian naratif dengan menggunakan metode literature review dengan mengumpulkan dan menyimpulkan data dari penelitian sebelumnya. Penelitian dilakukan pada Februari 2022. Penelusuran artikel penelitian sebelumnya dilakukan di portal SINTA, Scopus, PubMed, Elsevier, dengan kata kunci penyakit penyerta (komorbid), ibu hamil, kematian ibu, dan Covid-19.


Hasil : Hasil penelitian menunjukkan usia ibu hamil yang rentan terhadap penyakit penyerta dengan covid-19 pada kelompok usia 25-49 tahun. Terdapat 154 kasus meninggal dengan penyakit penyerta obesitas (RR/OR 2,48), diabetes gestasional (RR/OR 5,71), dan asma (RR/OR 2,05). Kasus lain yang ditemukan adalah pneumonia (RR/OR 1,86) dan preeklamsia (RR/OR 1,77). Obesitas merupakan penyakit penyerta yang paling sering ditemukan di berbagai negara dan diabetes gestasional merupakan penyakit penyerta paling berisiko pada kehamilan dengan risiko kematian tiga kali lipat.


Simpulan : Penyakit penyerta terutama obesitas, diabetes, dan asma berdampak pada tingkat keparahan infeksi COVID-19 pada ibu hamil.


Kata Kunci: Komorbiditas; ibu hamil; kematian ibu hamil; COVID-19

Article Details