Main Article Content

Abstract

Perpustakaan Sekolah/madrasah sebagai unit informasi akan berfungsi optimal apabila memiliki manajemen yang baik. Dalam  mengoptimalkan fungsinya Pustakawan sangat berperan penting. Pustakawan harus memiliki banyak strategi dalam rangka meningkatkan mutu layanan informasi bagi pemustakanya. Pustakawan berperan sebagai agen perubahan. Pustakawan harus bertransformasi mengikuti perkembangan zaman. Promosi merupakan salah satu strategi dalam meningkatkan minat baca. Karena dalam hal ini perpustakaan dikatakan dapat optimal apabila diminati banyak pemustaka. Oleh karena itu untuk dapat menarik pemustaka diperlukan strategi dalam promosi. Salah satu tujuan perpustakaan adalah mengupayakan bagaimana agar koleksi yang dimiliki dapat diakses oleh pemustaka. Selain itu juga perpustakaan sebagai jasa informasi. Promosi pada dasarnya merupakan forum pertukaran informasi antara organisasi dan konsumen dengan tujuan utama memberikan informasi tentang produk dan jasa yang disediakan perpustakaan sekaligus memberi daya tarik siswa dan guru untuk menggunakan produk dan jasa yang ditawarkan. Promosi pelayanan perpustakaan perlu dilakukan agar seluruh aktivitas yang berhubungan dengan jasa perpustakaan dapat diketahui dan dipahami oleh masyarakat. Hasil dari promosi adalah tumbuhnya kesadaran sampai pada tindakan untuk memanfaatkannya.

Keywords

perpustakaan pustakawan minat baca

Article Details

How to Cite
Suprihatin, S. (2022). STRATEGI PUSTAKAWAN DALAM OPTIMALISASI MENINGKATKAN MINAT BACA PESERTA DIDIK DI PERPUSTAKAAN SEKOLAH. Buletin Perpustakaan, 5(2), 219–232. https://doi.org/10.20885/bpuii.25805

References

  1. Bafadal, I. (2015). Pengelolaan Perpustakaan Sekolah. Bumi Aksara.
  2. Kamus Besar Bahasa Indonesia Edisi Keempat (4 ed.). (2002). Pusat Bahasa Departemen Pendidikan Nasional.
  3. Kamus Besar Bahasa Indonesia Edisi Ketiga. (2001). Pusat Bahasa Departemen Pendidikan Nasional.
  4. Lasa Hs. (2016). Manajemen Perpustakaan. Penerbit Ombak.
  5. Qalyubi, S. (2007). Dasar-dasar Ilmu Perpustakaan dan Informasi. Jurusan Perpustakaan dan Informasi Fakultas Adab Universitas Islam Negeri Sunan Kalijaga.