Main Article Content

Abstract

Inovasi pengelolaan tata ruang dan koleksi untuk mewujudkan kesejahteraan mental siswa dapat dilakukan dengan penerapan konsep homey library. Penelitian ini bertujuan untuk mengenalkan pengelolaan perpustakaan dengan konsep homey library di MTsN 3 Jombang sebagai upaya mewujudkan kesejahteraan psikologis siswa. Penelitian ini merupakan jenis penelitian kualitatif dengan pengumpulan data melalui praktik langsung dalam pengelolaan perpustakaan MTsN 3 Jombang sejak 22 Agustus 2019. Hasil penelitian menunjukkan bahwa  penerapan konsep homey library dapat mewujudkan psychological well-being pada siswa meliputi autonomy, positie relations with others, environmental mastery, personal growth, purpose in life, self acceptance. Pengelolaan dan layanan perpustakaan yang memperhatikan kebutuhan dan minat individu siswa dapat memainkan peran penting dalam membangun penerimaan diri siswa dan pada akhirnya, meningkatkan kesejahteraan psikologis mereka.

Keywords

Homey Library, Psychological Well-Being

Article Details

How to Cite
Swandari, N. (2023). Perpustakaan Berbasis Homey Library Mewujudkan Psychological Well-Being. Buletin Perpustakaan, 6(2), 153–170. https://doi.org/10.20885/bpuii.31140

References

  1. Badan Pengembangan dan Pembinaan Bahasa. (2016). KBBI Daring. Https://Kbbi.Kemdikbud.Go.Id/Entri/Kolaborasi.
  2. Eskha, A. (2018). Peran Perpustakaan Sebagai Sumber Belajar. Jurnal Imam Bonjol : Kajian Ilmu Informasi Dan Perpustakaan, 2(1), 12–18. https://doi.org/https://doi.org/10.15548/jib.v2i1
  3. Hasanuddin, & Khairuddin. (2021). Dukungan Sosial, Penyesuaian Diri dan Kesejahteraan Psikologis pada Siswa SMA Negeri 2 Binjai. ANALITIKA: Jurnal Magister Psikologi UMA, 13(2), 2502–4590. https://doi.org/10.31289/analitika.v13i1.5906
  4. Ibrahim. (2018). Metodologi Penelitian Kualitatif. In Bandung: alfabeta (2nd ed., Vol. 2). Alfabeta.
  5. Darmanto, P. (2018). Manajemen Perpustakaan (N. Syamsiyah, Ed.). Bumi Aksara.
  6. Rogers, E. M., & Turner, R. (2007). Diffusion of Innovations. In Journal of Minimally Invasive Gynecology (5th ed., Vol. 14). Free Press. https://doi.org/10.1016/j.jmig.2007.07.001