Main Article Content

Abstract

Penelitian ini membahas Catur Program Literasi (CPL) di SMK Negeri 1 Samigaluh sebagai pilar Gerakan Literasi Sekolah (GLS). CPL terdiri dari empat program literasi yaitu: Pembuatan Majalah Dinding, Pojok Baca Kelas, Tensi Tubu, dan SKASSA Cup. Pendidikan memandang literasi sebagai elemen kunci untuk membentuk warga negara terdidik dan kritis. Untuk itu tujuan dari penelitian ini adalah merinci dan menganalisis efektivitas masing-masing program literasi serta mengeksplorasi perbedaan signifikan antara program tersebut. Penelitian dilakukan dengan pendekatan kualitatif deskriptif. Hasilnya menunjukkan bahwa CPL secara keseluruhan memberikan dampak positif pada peningkatan literasi siswa. Pembuatan Majalah Dinding dan Pojok Baca memberikan ruang ekspresi kreatif dan peningkatan minat membaca, sementara Tensi Tubu dan SKASSA Cup fokus pada pengembangan keterampilan analitis dan berpikir kritis (analytical and critical thinking) para siswa melalui resensi buku. Integrasi keempat program menciptakan lingkungan pembelajaran literasi yang optimal. Hasil penelitian ini menyiratkan bahwa SMK Negeri 1 Samigaluh berhasil menerapkan GLS secara holistik dengan efektif. Temuan ini memberikan kontribusi positif terhadap pemahaman praktik terbaik dalam meningkatkan literasi siswa di tingkat sekolah menengah kejuruan. Diharapkan penelitian ini memberikan inspirasi bagi lembaga pendidikan lain untuk mengembangkan program literasi yang efektif dalam meningkatkan kemampuan literasi siswa secara menyeluruh.

Keywords

program literasi GLS resensi buku analytical and critical thinking minat baca

Article Details

Author Biographies

Nindy Suryaningtyas, SMK Negeri 1 Samigaluh, Kulon Progo, Indonesia

Pengelola Perpustakaan

Teguh Prasetyo Utomo, Universitas Islam Indonesia, Yogyakarta, Indonesia

Direktorat Perpustakaan || Portofolio tulisan: https://bit.ly/scholargoogle-teguhprasetyo

How to Cite
Suryaningtyas, N., & Utomo, T. P. (2023). Catur Program Literasi (CPL) sebagai Pilar Gerakan Literasi Sekolah: Best Practice di SMK Negeri 1 Samigaluh. Buletin Perpustakaan, 6(2), 221–238. https://doi.org/10.20885/bpuii.31516

References

  1. BPPB Kemdikbudristek RI. (2016a). majalah dinding. KBBI VI Daring. https://kbbi.kemdikbud.go.id/entri/majalah%20dinding
  2. BPPB Kemdikbudristek RI. (2016b). resensi. KBBI VI Daring. https://kbbi.kemdikbud.go.id/entri/resensi
  3. Chotimah, I. C. (2017, April 22). Mengembangkan Kreativitas Peserta Didik SMK Pancasila Mojowarno Melalui Festival Literasi. Prosiding Seminar Nasional Hasil Penelitian Pendidikan dan Pembelajaran “Rekonstruksi Kurikulum dan Pembelajaran Berbasis Karakter.” https://ejournal.stkipjb.ac.id/index.php/prosiding/article/view/918
  4. Dalman. (2018). Keterampilan Menulis: Vol. Cetakan 6. Raja Grafindo Persada.
  5. Dewi, A. M. S. (2013). Majalah Dinding sebagai Implementasi Kemampuan Menulis Cerpen Siswa yang Mengikuti Ektrakurikuler Jurnalistik di SMP N 4 Singaraja. Jurnal Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia Undiksha, 1(1), 1–15. https://ejournal.undiksha.ac.id/index.php/JJPBS/article/view/283
  6. Kurniawan, A. R., Destrinelli, D., Hayati, S., Rahmad, R., Riskayanti, J., Wasena, I. S., & Triyadi, Y. (2020). Peranan Pojok Baca dalam Menumbuhkan Minat Baca Siswa Sekolah Dasar. JURNAL INOVASI PENDIDIKAN DAN PEMBELAJARAN SEKOLAH DASAR, 3(2), 48. https://doi.org/10.24036/jippsd.v3i2.107562
  7. Mukhtar. (2013). Metode Praktis Penelitian Deskriptif Kualitatif. Referensi (GP Press Group).
  8. Nina Adlini, M., Hanifa Dinda, A., Yulinda, S., Chotimah, O., & Julia Merliyana, S. (2022). Metode Penelitian Kualitatif Studi Pustaka. Edumaspul: Jurnal Pendidikan, 6(1), 974–980. https://doi.org/https://doi.org/10.33487/edumaspul.v6i1.3394
  9. Nursisto. (1999). Membina Majalah Dinding (Cetakan 2). Adicita Karya Nusa.
  10. Rahim, A. R. (2018). Tradisi Baca Gilir dan Budaya Resensi Sebagai Strategi Menyiasati Keterbatasan Buku di Perpustakaan Sekolah dalam Meningkatkan Minat Membaca dan Menulis Siswa SMP. PROSIDING Seminar Nasional Pendidikan Era Revolusi “Membangun Sinergitas dalam Penguatan Pendidikan Karakter pada Era IR 4.0” Universitas Muhammadiyah Jakarta, Indonesia, 24 Maret 2018, 565–574. https://jurnal.umj.ac.id/index.php/SNP/article/view/2799
  11. Santoso, D. R. W., Suwandi, S., & Sumarwati. (2023). Festival Literasi Daerah sebagai Sebuah Implementasi Gerakan Literasi Sekolah Kota Denpasar Tahun 2021. Seminar Nasional PBI FKIP UNS 2023 “Pembelajaran dan Edupreneur Bahasa dan Sastra Berbasis Teknologi Informasi,” 333–343. https://jurnal.fkip.uns.ac.id/index.php/snpbi/article/view/13195
  12. Umar, W. (2021). Meningkatkan Minat Baca Siswa Melalui Gerakan Majalah Dinding Kelas. SECONDARY : Jurnal Inovasi Pendidikan Menengah, 1(3), 206–215. https://www.jurnalp4i.com/index.php/secondary/article/download/394/359
  13. Utomo, T. P. (2020). Literasi Informasi di Era Digital dalam Perspektif Ajaran Islam. Buletin Perpustakaan Universitas Islam Indonesia, 3(1), 61–82. https://journal.uii.ac.id/Buletin-Perpustakaan/article/view/15194
  14. Widijanto, H., Wati, A., Ramadhani, A. S., & Ataya, S. (2023). Inisiasi Pojok Baca sebagai Upaya Peningkatan Literasi di Sekolah Dasar Negeri 1 Ngelo, Kecamatan Jatiroto. Seminar Nasional Pengabdian dan CSR Ke-2 Fakultas Pertanian Universitas Sebelas Maret, Surakarta Tahun 2022, 52–57. https://proceeding.uns.ac.id/pengabdianfp/article/view/101
  15. Wiedarti, P., Kisyani-Laksono, Retnaningdyah, P., Dewayani, S., Muldian, W., Sufyadi, S., Roosaria, D. R., Faizah, D. U., Sulastri, Rahmawan, N., Rahayu, E. S., SA, R. A. Y., & Antoro, B. (2018). Desain Induk Gerakan Literasi Sekolah (Cetakan 1, Vol. 2). Direktorat Jenderal Pendidikan Dasar dan Menengah Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan. https://repositori.kemdikbud.go.id/8612/1/Desain-Induk-Gerakan-Literasi-Sekolah_Edisi-2.pdf
  16. Zubaidah, E., & Saptomo, B. (2004). Pengelolaan Majalah Dinding di Sekolah. Jurnal Ilmiah Guru (JIG) COPE, 8(1), 35–42. https://journal.uny.ac.id/index.php/cope/article/view/5431