Buletin Perpustakaan https://jurnal.uii.ac.id/Buletin-Perpustakaan <p style="text-align: justify;"><strong>Bulletin Perpustakaan Universitas Islam Indonesia (BPUII)</strong> merupakan sarana komunikasi dan deseminasi informasi bagi pustakawan Universitas Islam Indonesia (UII) dan pustakawan dari luar UII.</p> <p>BPUII memuat artikel-artikel yang ditulis dari hasil praktik baik (<em>b</em><em>est practice</em>), penelitian dan laporan kajian dalam bidang perpustakaan, informasi dan dokumentasi (PUSDOKINFO) yang <em>up to date</em>. Buletin Perpustakaan Universitas Islam Indonesia diterbitkan dua kali setahun (<strong>Mei dan November</strong>) oleh editor jurnal dari Buletin Perpustakaan Universitas Islam Indonesia.</p> <p>BPUII fokus pada kajian bidang perpustakaan, informasi dan dokumentasi (PUSDOKINFO). Cakupan mencakup baik artikel review maupun artikel penelitian di bidang tersebut. Hal-hal yang dibahas dalam Buletin Perpustakaan Universitas Islam Indonesia ini meliputi:</p> <ul> <li>Aspek teoritis dan umum bidang perpustakaan, informasi dan dokumentasi (PUSDOKINFO)</li> <li>Manajemen perpustakaan</li> <li>Layanan Informasi</li> <li>Literasi Informasi dan Media</li> <li>Manajemen Pengetahuan</li> <li>Organisasi Informasi</li> <li>Perpustakaan dan Repositori Digital</li> <li>TIK di Perpustakaan</li> <li>Pencarian Informasi</li> <li>Perilaku Informasi</li> <li>bidang studi terkait perpustakaan, informasi dan dokumentasi (PUSDOKINFO) lainnya.</li> </ul> en-US [email protected] (Muhammad Jamil) [email protected] (Neneng Asaniyah) Wed, 01 Nov 2023 00:00:00 +0000 OJS 3.3.0.10 http://blogs.law.harvard.edu/tech/rss 60 Analisis Tingkat Kemampuan Literasi Digital Siswa SMK Muhammadiyah 3 Yogyakarta https://jurnal.uii.ac.id/Buletin-Perpustakaan/article/view/31508 <p>Lahirnya teknologi digital bagaikan pisau mata dua yang di balik kemanfaatan juga terdapat dampak buruk bagi penggunanya. Dalam hal ini, kelompok manusia yang rentan terhadap pengaruh tersebut adalah para anak-anak yang masuk dalam usia remaja. Selain itu, umur remaja merupakan masa yang labil dan mudah terpengaruh baik lingkungan nyata maupun maya. Oleh karena itu, anak usia remaja terutama mereka yang masih duduk di bangku sekolah lanjutan tingkat atas sangat perlu untuk diedukasi literasi digital dengan baik. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk untuk menganalisis tingkat kemampuan literasi digital siswa SMK Muhammadiyah 3 Yogyakarta. Dalam penelitian ini menggunakan jenis penelitian deskriptif kuantitatif dengan subjek siswa SMK Muhammadiyah 3 Yogyakarta. Objek dalam penelitian ini adalah kemampuan literasi digital. Metode pengumpulan data yang digunakan adalah observasi, wawancara, dokumentasi, dan kuisioner Analisis data ini menggunakan rumus prosentasi, mean, dan grand mean. Penelitian ini menghasilkan bahwa tingkat kemampuan literasi digital siswa SMK Muhammadiyah 3 Yogyakarta secara garis besar “Baik” dengan skor 3,23. Dari hasil tersebut, peneliti menyarankan perlunya dilakukan penelitian di SMK Muhammadiyah 3 Yogyakarta dengan penggunaan teori yang lain seperti dari Kominfo, Paul Glister, maupun pengembangan sendiri untuk mengungkap lebih jauh kemampuan literasi digital siswa di SMK Muhammadiyah 3 Yogyakarta.</p> Zaky Decky Rifai, Slamet Khoeron Copyright (c) 2023 Buletin Perpustakaan https://jurnal.uii.ac.id/Buletin-Perpustakaan/article/view/31508 Mon, 04 Dec 2023 00:00:00 +0000 Kualitas Desain Interior Direktorat Perpustakaan Universitas Islam Indonesia (UII) Ditinjau dari Persepsi Pemustaka https://jurnal.uii.ac.id/Buletin-Perpustakaan/article/view/31444 <p>Desain interior yang menarik menjadi salah satu solusi tentang paradigma masyarakat yang memandang bahwa perpustakaan itu membosankan, kaku, formal, dan sebagainya. Desain interior perpustakaan yang menarik adalah bukti nyata dari suatu fungsi bahwa perpustakaan tidak hanya sebagai tempat edukasi namun juga rekreasi. Perpustakaan perlu berpenampilan komunikatif dan juga fungsional dengan mempertimbangkan aspek arsitektur serta unsur estetika untuk meningkatkan keamanan juga kenyamanan pengguna hingga tercapainya produktivitas yang maksimal. Penelitian ini menggunakan jenis penelitian deskriptif kuantitatif dengan populasi anggota perpustakaan yang berjumlah 26.331 anggota. Teknik pengumpulan data menggunakan teknik observasi, wawancara, dokumentasi dan kuisioner. Analisis data menggunakan rumus mean dan grand mean yang dibantu dengan softwere SPSS dan Ms. Excel. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa kualitas desain interior Perpustakaan UII ditinjau dari persepsi pemustaka tergolong sangat baik dengan skor nilai keseluruhan 3,42. Dari hasil tersebut, peneliti menyarankan perlunya dilakukan penelitian di Direktorat Perpustakaan UII yang mengkorelasikan antara desain interior dengan variabel lainnya. Misalnya korelasi antara desain interior dengan tingkat kenyamanan membaca, desain interior dengan tingkat minat kunjung, desain interior dengan tingkat kepuasan pemustaka, desain interior dengan tingkat keefektifan belajar dan sejenisnya. Selain itu pengukuran dengan teori lain juga sangat disarankan untuk mengungkap lebih jauh kualitas desain interior Direktorat Perpustakaan UII.</p> Slamet Khoeron Copyright (c) 2023 Buletin Perpustakaan https://jurnal.uii.ac.id/Buletin-Perpustakaan/article/view/31444 Thu, 30 Nov 2023 00:00:00 +0000 Perpustakaan Berbasis Homey Library Mewujudkan Psychological Well-Being https://jurnal.uii.ac.id/Buletin-Perpustakaan/article/view/31140 <p>Inovasi pengelolaan tata ruang dan koleksi untuk mewujudkan kesejahteraan mental siswa dapat dilakukan dengan penerapan konsep <em>homey library</em>. Penelitian ini bertujuan untuk mengenalkan pengelolaan perpustakaan dengan konsep <em>homey library </em>di MTsN 3 Jombang sebagai upaya mewujudkan kesejahteraan psikologis siswa. Penelitian ini merupakan jenis penelitian kualitatif dengan pengumpulan data melalui praktik langsung dalam pengelolaan perpustakaan MTsN 3 Jombang sejak 22 Agustus 2019. Hasil penelitian menunjukkan bahwa&nbsp; penerapan konsep <em>homey library </em>dapat mewujudkan <em>psychological well-being</em> pada siswa meliputi <em>autonomy, positie relations with others, environmental mastery, personal growth, purpose in life, self acceptance. </em>Pengelolaan dan layanan perpustakaan yang memperhatikan kebutuhan dan minat individu siswa dapat memainkan peran penting dalam membangun penerimaan diri siswa dan pada akhirnya, meningkatkan kesejahteraan psikologis mereka.</p> Nurul Swandari Copyright (c) 2023 Buletin Perpustakaan https://jurnal.uii.ac.id/Buletin-Perpustakaan/article/view/31140 Mon, 13 Nov 2023 00:00:00 +0000 Catur Program Literasi (CPL) sebagai Pilar Gerakan Literasi Sekolah: Best Practice di SMK Negeri 1 Samigaluh https://jurnal.uii.ac.id/Buletin-Perpustakaan/article/view/31516 <p>Penelitian ini membahas Catur Program Literasi (CPL) di SMK Negeri 1 Samigaluh sebagai pilar Gerakan Literasi Sekolah (GLS). CPL terdiri dari empat program literasi yaitu: Pembuatan Majalah Dinding, Pojok Baca Kelas, Tensi Tubu, dan SKASSA Cup. Pendidikan memandang literasi sebagai elemen kunci untuk membentuk warga negara terdidik dan kritis. Untuk itu tujuan dari penelitian ini adalah merinci dan menganalisis efektivitas masing-masing program literasi serta mengeksplorasi perbedaan signifikan antara program tersebut. Penelitian dilakukan dengan pendekatan kualitatif deskriptif. Hasilnya menunjukkan bahwa CPL secara keseluruhan memberikan dampak positif pada peningkatan literasi siswa. Pembuatan Majalah Dinding dan Pojok Baca memberikan ruang ekspresi kreatif dan peningkatan minat membaca, sementara Tensi Tubu dan SKASSA Cup fokus pada pengembangan keterampilan analitis dan berpikir kritis (<em>analytical and critical thinking</em>) para siswa melalui resensi buku. Integrasi keempat program menciptakan lingkungan pembelajaran literasi yang optimal. Hasil penelitian ini menyiratkan bahwa SMK Negeri 1 Samigaluh berhasil menerapkan GLS secara holistik dengan efektif. Temuan ini memberikan kontribusi positif terhadap pemahaman praktik terbaik dalam meningkatkan literasi siswa di tingkat sekolah menengah kejuruan. Diharapkan penelitian ini memberikan inspirasi bagi lembaga pendidikan lain untuk mengembangkan program literasi yang efektif dalam meningkatkan kemampuan literasi siswa secara menyeluruh.</p> Nindy Suryaningtyas, Teguh Prasetyo Utomo Copyright (c) 2023 Buletin Perpustakaan https://jurnal.uii.ac.id/Buletin-Perpustakaan/article/view/31516 Thu, 30 Nov 2023 00:00:00 +0000 Representasi Vandalisme Pada Film Animasi Upin-Ipin “Aku Sebuah Buku” (Analisis Semiotika Charles Sanders Pierce) https://jurnal.uii.ac.id/Buletin-Perpustakaan/article/view/30454 <p>Penelitian ini membahas tentang Representasi konsep perpustakaan pada film animasi Upin-Ipin “Aku Sebuah Buku” (Analisis Semiotika Charles Sanders Pierce). Tujuan penelitian ini untuk mendekripsikan representasi perilaku <em>v</em><em>andalisme</em> yang dilakukan pengunjung perpustakaan dalam film animasi Upin-Ipin “Aku Sebuah Buku”. Metode pada penelitian ini menggunakan metode analisis Semiotika dengan teori yang diungkapkan Charles Sanders Pierce pendekatan dekriptif. Metode pengumpulan data yang digunakan adalah observasi, dokumentasi dan studi pustaka. Subjek penelitian ini adalah representasi konsep perpustakaan. Objek penelitian ini adalah film animasi Upin-ipin. Hasil dari penelitian ini merepresentasikan tindakan vandalisme yang dilakukan oleh anak-anak yang mengunjungi perpustakaan, hal itu dilakukan dengan sengaja atapun tidak sengaja. Secara tidak langsung film animasi Upin-Ipin ini memberikan informasi tentang perpustakaan untuk menumbuhkan minat baca pada anak-anak saat menonton film animasi Upin-Ipin.</p> Mishbahul Khairiyah, Abdul Karim, Syahrul Abidin Copyright (c) 2023 Buletin Perpustakaan https://jurnal.uii.ac.id/Buletin-Perpustakaan/article/view/30454 Fri, 24 Nov 2023 00:00:00 +0000 Pengaruh Peran Perpustakaan terhadap Tingkat Kemampuan Literasi Digital Santri di MA Unggulan Al-Imdad Bantul https://jurnal.uii.ac.id/Buletin-Perpustakaan/article/view/31475 <p>Aturan pendidikan pondok pesantren yang ketat sebagaimana pembatasan <em>gadget</em> dalam kesehariannya menjadikan santri jauh dari teknologi yang berdampak minimnya pengetahuan akan informasi-informasi digital yang seharusnya dapat dicari dengan mudah. Namun kenyataanya, MA Unggulan Al-Imdad mampu mengatasi hal tersebut dengan hadirnya perpustakaan yang dimilikinya. Penelitian ini tergolong dalam penelitian korelasional dengan populasi sejumlah 272 santri dengan 162 santri sebagai sampel yang diambil mengunakan teknik <em>proportionate stratified random sampling. </em>Teknik pengumpulan data dilakukan dengan teknik observasi, wawancara, dokumentasi, dan kuesioner. Analisis data dilakukan mengunakan teknik <em>mean</em> dan <em>grand mean </em>serta teknik parametik yang digunakan adalah uji normalitas, uji linieritas, uji hipotesis yang menggunakan uji regresi linier sederhana. Berdasarkan hasil penelitian: 1) terdapat peran perpustakaan santri di MA Unggulan Al-Imdad Bantul sebesar 3,11 yang berkategori tinggi. 2) terdapat tingkat kemampuan literasi digital santri di MA Unggulan Al-Imdad dengan nilai 3,16 yang kategori tinggi. 3) terdapat pengaruh peran perpustakaan terhadap tingkat kemampuan literasi digital. Terdapat persamaan <em>koefisien regresi</em> sebesar 0,571 yang berarti bahwa peran perpustakaan mempengaruhi tingkat kemampuan literasi digital. Direkomendasikan penelitian lanjutan guna mengetahui hubungan antara literasi digital dengan minat baca atau hasil prestasi belajar santri MA Unggulan Al-Imdad Bantul.</p> Septa Anggara, Slamet Khoeron Copyright (c) 2023 Buletin Perpustakaan https://jurnal.uii.ac.id/Buletin-Perpustakaan/article/view/31475 Tue, 05 Dec 2023 00:00:00 +0000 Pelayanan Prima Perpustakaan dalam Kegiatan Literasi (P3KL) melalui Literasi Digital Berbasis Quick Response Code di SMP Tunas Agro Kecamatan Seruyan Raya Kabupaten Seruyan Provinsi Kalimantan Tengah https://jurnal.uii.ac.id/Buletin-Perpustakaan/article/view/31173 <p>Penelitian ini membahas implementasi Literasi Digital Berbasis <em>Quick Response Code</em> (<em>QR Code</em>) dalam Program Pelayanan Prima Perpustakaan Dalam Kegiatan Literasi (P3KL) di SMP Tunas Agro, Kecamatan Seruyan Raya, Kabupaten Seruyan, Provinsi Kalimantan Tengah. Literasi dan literasi digital dianggap krusial dalam pembentukan pola pikir akademis individu di era digital. Program Gerakan Literasi Sekolah menjadi inisiatif penting untuk meningkatkan literasi di lingkungan sekolah melalui partisipasi aktif semua elemen warga sekolah. Metode penelitian menggunakan pendekatan kualitatif dengan desain studi kasus. Subjek penelitian melibatkan siswa, guru, dan staf perpustakaan di SMP Tunas Agro. Instrumen penelitian meliputi wawancara, observasi, dan analisis dokumen. Hasil penelitian menunjukkan bahwa implementasi Literasi Digital Berbasis <em>QR Code</em> secara signifikan meningkatkan literasi digital siswa. Program ini melibatkan sosialisasi, pelatihan penggunaan aplikasi <em>QR Code</em>, dan penyebaran informasi melalui media sosial. Sosialisasi program dilakukan kepada seluruh anggota warga sekolah, terutama Sahabat Perpustakaan Cendekia. Pelatihan dilakukan oleh tim perpustakaan dan melibatkan partisipasi aktif masyarakat. Penyebaran informasi dilakukan melalui media WhatsApp dan berbagai situs berita online. Hasil evaluasi menunjukkan peningkatan pengetahuan, keterampilan, dan sikap siswa terhadap literasi digital. Kesimpulan penelitian ini mengindikasikan bahwa program P3KL berbasis <em>QR Code</em> efektif meningkatkan literasi digital siswa. Beberapa saran diberikan, seperti menjaga kontinuitas program, mengembangkan materi, memperkuat pelatihan, mendorong kolaborasi aktif, dan melakukan evaluasi periodik.</p> Nopiar Rahman Copyright (c) 2023 Buletin Perpustakaan https://jurnal.uii.ac.id/Buletin-Perpustakaan/article/view/31173 Wed, 13 Dec 2023 00:00:00 +0000 Bukan Hakim tapi Dokter: Implementasi Turnitin dalam Layanan Bebas Plagiasi di Perpustakaan Universitas Islam Indonesia https://jurnal.uii.ac.id/Buletin-Perpustakaan/article/view/30579 <p>Tulisan ini bertujuan untuk memaparkan kegiatan dan proses layanan bebas plagiasi yang dilakukan oleh pustakawan di Universitas Islam Indonesia. Tujuan lain ialah sebagai sarang <em>sharing</em> atau berbagi informasi terkait pengalaman dalam menjalankan layanan bebas plagiasi. Layanan bebas plagiasi ini menggunakan <em>software </em>Turnitin feedback studio sebagai sarana untuk mengecek kemiripan karya tulis dari mahasiswa. Metode yang digunakan dalam penulisan artikel ini ialah metode deskriptif. Penulis mendeskripsikan pengalaman serta keadaan yang sebenarnya saat meberikan layanan bebas plagiasi menggunakan Turnitin feedback studio.</p> Ahmad Sofyan Hadi Copyright (c) 2023 Buletin Perpustakaan https://jurnal.uii.ac.id/Buletin-Perpustakaan/article/view/30579 Wed, 01 Nov 2023 00:00:00 +0000