Main Article Content

Abstract

This paper seeks to discuss how the Qur’an deal with the question of cultural differences and diversity. It argues that although the Qur’an and Islam both originated from the Arabic culture (maddatul Arab), it does not mean the holy book does not allow “other” cultures and traditions. Instead, it contains values beyond Arabic materials. This means Islam recognizes the diversity of cultures and traditions in society. Moreover, Islam expresses its universal values by exposing
its wisdom in dealing with cultural differences and diversity.


 

Keywords

the Qur’an culture diversity

Article Details

References

  1. KBBI.we.id., dalam kata “politik”, bijak, kebijaksanaan “budaya”, dan “kebudayaan”
  2. Jalaluddin Abdurrahman as-Suyuthi, Ad-Durr al-Mantsur fi at-Tafsir bi al-Ma’tsur (Kairo: Markazu Hijri lil Buhuts wad Dirasat al-Arabiyah wal-Islamiyah, 2004), VIII: 488
  3. Malik dalam al-Muwatha, sebagaimana disebutkan al-Hafizh Muhammad Abdurrahman As-Sakhowi, Al-Maqshidul Hasanah (Beirut: Darul Kitab al-Arobi, 1985/1405), hlm. 180 (No. 204).
  4. Abu Ja’far Ahmad bin Muhammad bin Salamah ath-Thahawi, Syarah Muskilaturl Atsar (Beirut: Mu’assasah ar-Risalah, 1145/1994, XI: 262). Dalam catatan kaki hadits ini disebutkan bahwa “isnadnya kuat, para rijalnya perawi-perawi shahih, selain Ibnul Ajlan, yang Imam Muslim mengambil riwayatnya, dan (dikategorikan) tsiqat. Hadits ini diriwayatkan berturut-turut dalam: Ibnu Saad (I/192), Ahmad (II:381), Al-Bazzar dalam al-Musnad (No. 2740), al-Baihaqi dalam as-Sunanul Kubra (X: 191-192), dan dalam Syu’bul Iman (No. 7978), al-Bukhari dalam al-Adabul Mufrad (No. 273), al-Hakim (II:613) dan menshahihkannya”. Selain itu hadits ini juga diriwayatkan dalam Musnad asy-Syihab (No. 1165) dan Ibnu Abid Dunya dalam Makarimul Akhlaq (No. 13); dan al-Munawi dalam Faidul Qadir (No. 2584).
  5. Ibid., XI: 263.
  6. Zainuddin Muhamamd Abdurrauf bin Tajul Arifin bin Ali al-Munawi, Faidul Qadir Syarhul jamis shaghir, Beirut: Darul Kutub al-Ilmiyyah, 1415/1994), II: 726.
  7. Muhammad Fu’ad Abdul Baqi, Al-Mu’jam al-Mufahrasy li Alfazhil Qur’an (Beirut: Darul Fikr, 1401/1981), hlm. 582-584.
  8. Abul Hasan Ali bin Muhammad bin al-Habib al-Mawardhi al-Bahsri, An-Nukatu Wal `Uyun Tafsirul Mawardhi (Beiruty: Darul Kutub al-Ilmiiyah dan Muatsatsah al-Kutub ats-Tsaqafiyah, t.t.), II: 428.
  9. Muhamamd ar-Razi Fakhruddin bin Allamah Dhiya’uddin asy-Syahir bi Khathib ar-Rayy, Tafsirul Fakhrir Razi asy-Syahir bit Tafsir al-kabir wa Mafatih al-Ghaib (Beirut: Darul Fikr, 1401/1981), XVII: 65-66.
  10. Muhyiddin Abdil Qadiril Jailani, Tafsir al-Jilani al-Ghaitsi ar-Rabbani wal Imam ash-Shomadani Sayyidi Muhyiddin Abdil Qadiril Jailani (Pakistan: Al-Maktabah al-Ma’rufiyah, 1431/2010), II: 258.
  11. Abu Muhammad al-Husain bin Mas`ud Al-Baghawi, Tafsirul Baghawi Ma`alimut Tanzil (Beirut: Dar Ibnu Hazm, 1423/2003), hlm. 1005.
  12. Muhammad bin Yusuf asy-Syahir bi Abi Hayyan al-Andalusi, Tafsirul Bahril Muhith li Muhamamd bin Yusuf asy-Syahir bi Abi hayyan al-Andalusi (Beirut: Darul Kutub al-Ilmiyyah, 1413/1993), XVII: 162.
  13. Muhyiddin Abdul Qadiril Jailani, Tafsir al-Jilani al-Ghaitsi ar-Rabbani wal Imam ash-Shomadani Sayyidi Muhyiddin Abdil Qadiril Jailani …, V: 26.
  14. Muhamamd ar-Razi Fakhruddin bin Allamah Dhiya’uddin asy-Syahir bi Khathib ar-Rayy, Tafsirul Fakhrir Razi asy-Syahir bit Tafsir al-kabir wa Mafatih al-Ghaib…, XXVII: 127.
  15. Muhyiddin Abdul Qadiril Jailani, Tafsir al-Jilani al-Ghaitsi ar-Rabbani wal Imam ash-Shomadani Sayyidi Muhyiddin Abdil Qadiril Jailani…, III: 261.
  16. Abul Hasan Ali bin Muhammad bin al-Habib al-Mawardhi al-Bahsri, An-Nukatu Wal `Uyun Tafsirul Mawardh…, II: 428.
  17. Muhamamd ar-Razi Fakhruddin bin Allamah Dhiya’uddin asy-Syahir bi Khathib ar-Rayy, Tafsirul Fakhrir Razi asy-Syahir bit Tafsir al-Kabir wa Mafatih al-Ghaib…, XXVIII: 138.
  18. Ibid., XVIII: 78.
  19. Muhyiddin Abdul Qadiril Jailani, Tafsir al-Jilani al-Ghaitsi ar-Rabbani wal Imam ash-Shomadani Sayyidi Muhyiddin Abdil Qadiril Jailani…, II: 332.
  20. Abu Ibrahim bin Ishaq as-Sari, Ma`anil Qur’an wa I’robuhu liz Zajaj (Beirut: Alimul Kutub, 1408/1988), III: 30.
  21. Ibid., IV: 43.
  22. Muhyiddin Darawisy, I’robul Quran Wa Bayanuh (Beirut-Suriyah: Al-Yamamah-Dar Ibnu Katsir-Darul Irsyad, 1412/1992), VI: 605.
  23. Abu Ibrahim bin Ishaq as-Sari, Ma`anil Qur’an wa I’robuhu liz Zajaj., IV: 43.
  24. Ibid., V: 258.
  25. HR. Bukhari, No. 5127.
  26. Jalaluddin Abdurrahman as-Suyuthi, Ad-Durrul Ma’tsur fit Tafsir al-Ma’tsur (Beirut: Markazu Hijra lil Buhuts wad Dirasat al-Arabiyah wal Islamiyah, 1424/2003), IV: 317.
  27. Abul Fida’ bin ismail bin Umar bin Katsir al-Qurasy ad-Daimasyqi, Tafsirul Qur’anil Azhim (Beirut: Daru Thabiata lit Tauzi wan Nasyr, 1418/1997), II: 256.
  28. Abul Hasan Ali bin Muhammad bin al-Habib al-Mawardhi al-Bahsri, An-Nukatu Wal `Uyun Tafsirul Mawardhi…, I: 470.
  29. Jalaluddin Abdurrahman as-Suyuthi, Ad-Durrul Ma’tsur fit Tafsir al-Ma’tsur…, VI: 356.
  30. Abdurrahman Wahid, “Pengembangan Ahlussunnah Waljamaah di Lingkungan NU”, dalam KH. Said Aqil Siradj, Ahlussunnah Waaljamaah dalam Lintasan Sejarah (Yogyakarta: LKPSM, 1998), hlm. xiii).
  31. Ibid.
  32. Hadits dari Abu Darda, seperti dikutip al-Ghozali dalam kitab Ihya, yang menurut Al-Iroqi, meski hadits ini dha`if karena ada Aban bin Iyas (yang dinilai lemah), tetapi diperkuat oleh riwayat Dawud bin Mahbar di dalam kitab al-`Aql, dan dari jalan periwayatannya ada al-Harits bin Abu Usamah dalam Musnad. Sedangkan Menurut al-Hafizh Murtadho az-Zabidi, pensyarah Ihya, menyebut juga hadits yang dikeluarkan al-Baihaqi dan Ibnu Adi dari hadits Ibnu Mas’ud dengan redaksi tambahan (Al-Hafizh Abdullathif Salim at-Tijani, Nurul Yaqin fi Takhriji Ahaditsi Ihya’i Ulumiddin (Kairo: AZ-Zawiyah at-Tijaniyah al-Kubro, 1982/1859), hlm. 239.
  33. Muhyiddin Abdul Qadiril Jailani, Tafsir al-Jilani al-Ghaitsi ar-Rabbani wal Imam ash-Shomadani Sayyidi Muhyiddin Abdil Qadiril Jailani…, III: 463.
  34. Syaikh Abdul Qadir al-Jilani, Sirrul Asrar wa Mathharul Anwar (Mesir: Al-Mathbaah al-Bahiyah al-Mishriyah, t.t.), hlm. 56
  35. Muhamamd ar-Razi Fakhruddin bin Allamah Dhiya’uddin asy-Syahir bi Khathib ar-Rayy, Tafsirul Fakhrir Razi asy-Syahir bit Tafsir al-Kabir wa Mafatih al-Ghaib…, XXVII: 127.
  36. Al-Hafizh as-Sakhowi, Al-Maqôshidul Hasanah fî Bayânî minal Ahâdîts al-Musytahiroh `alal Alsinah…, hlm. 163 dan seterusnya. Menurut as-Sakhowi, hadits di atas disebutkan imam Muslim dalam muqoddimah kitab Shohihnya, dengan tanpa menyertakan isnad, dan dia berkata: “Disebutkan bahwa hadits ini dari Sayyidah `Aisyah berkata: “Amaronâ dan menyebutkan hadits itu.” Hadits di atas juga disebutkan oleh Abu Nu’aim di dalam kitab al-Mustakhroj dan selainnya; Abu Dawud dalam Sunân-nya; Ibnu Huzaimanh dalam Shohîh-nya; al-Bazzar, Abu Ya’la, al-Baihaqi dalam al-Âdab; al-Askari dalam al-Amtsâl; dan selain mereka, semua dari jalan Maimun bin Abu Syubain dari Sayyidah Aisyah (al-Hafizh Muhammad Abdurrahman As-Sakhowi, Maqôshidul Hasanah…, hlm. 163). As-Sakhowi juga menyebutkan Imam al-Hakim juga menshahihkan hadits itu. Tentang hadits itu, juga terdapat hadits dari riwayat Mu’adz, dengan redaksi lain tetapi maksudnya sama.
  37. Hadits ini diriwayatkan ad-Dailami dari jalan Abu Abdurrahman as-Sulami melalui riwayat Ibnu Abbas; dan dalam Musnad al-Hasan bin Sufyan, disebutkan dengan redaksi yang sama, hanya beda di awalnya dengan redaksi: “Umirtu an ukhôthibin nâs biqdori `uqûlihim” (al-Hafizh Muhammad Abdurrahman As-Sakhowi, Maqoshidul Hasanah…, hlm. 164.