Main Article Content

Abstract

Tokopedia as one of the leading marketplaces in Indonesia has thousands of sellers. One of Tokopedia communities which actively seeks to develop business is Tokopedia Community Yogyakarta. With an increasing number of business players to meet consumer needs, business players face challenges of reaching more buyers and increasing revenue. This study aimed to analyze the increase in revenue of Tokopedia Community Yogyakarta seen from the perspective of Islamic business ethics. This study used a qualitative descriptive method. The results of the research showed that there are several factors that affect the revenue of Tokopedia Community Yogyakarta, namely 1) Products, 2) Promotions, 3) Prices, 4) Services and 5) Other factors including economic conditions and trends, in terms of 5 axioms of Islamic business ethics, namely unity, equilibrium, free will, responsibility and virtue. In fact, the increase in revenue of Tokopedia Communty Yogyakarta has been in line with the principles of Islamic business ethics. However, in terms of prices, there is a violation in the form of a price war, causing both the fall in product prices and disadvantages to other sellers.

Keywords

Increase in Revenue Tokopedia Community Islamic Business Ethics

Article Details

References

  1. Ahmad, Mustaq. 2001. Etika Bisnis Dalam Islam. Terjemahan Samson Rahman. Jakarta: Pustaka al-Kautsar.
  2. Ardiyanto Denni, Heru Susilo, Riyadi. Pengaruh Kemudahan dan Kepercayaan Menggunakan Ecommerce Terhadap Keputusan Pembelian Online (Survei Pada Konsumen www.petersaysdenim.com). Jurnal Administrasi Bisnis Vo. 22 No. 1 Mei 2015.
  3. Arifin Johan. 2009. Etika Bisnis Islami. Semarang : Walisongo Press.
  4. Ariyanto Agus. 2012. Etika Bisnis bagi Pelaku Bisnis, Jakarta : Penerbit PT Raja Grafindo Persada.
  5. Asnawi, Haris Faulidi. 2004. Transaksi Bisnis E-commerce Perspektif Islam. MAGISTRA Insania Press.
  6. Badroen, Faisal, et. al.. 2006. Etika Bisnis Dalam Islam. Jakarta: Kencana.
  7. Barus Elfi Elida, Nuriani. Implementasi Etika Bisnis Islam (Studi Pada Rumah Makan Wong Solo). Jurnal Perspektif Ekonomi Darussalam Vol. 2 No. 2 2016.
  8. Basu Swastha. 1993. Manajemen Penjualan. Edisi Ketiga, BPFE, Yogyakarta.
  9. Bekuun, Rafik Issa. 2004. Etika Bisnis Islami. Yogyakarta : Pustaka Belajar.
  10. Departemen Pendidikan dan Kebudayaan RI, Kamus Besar Bahasa Indonesia. Cet. I; Jakarta: Balai Pustaka, 1089.
  11. Deta Lingga Ananda. Dinamika Trust Pada Pemasaran Online di Media Sosial. Jurnal Komunikasi Indonesia. Vol. 5 No. 1 April 2017.
  12. Kotler, Phillip. 2008. Manajemen Pemasar-an: Analisis, Perencanaan, Imple-mentasi, dan Kontrol. (Terjemahan). Jakarta: Erlangga.
  13. Fauroni, R. Lukman. 2006. Etika Bisnis dalam Al-Qur’an. Yogyakarta : Pustaka Pesantren.
  14. Fauroni, Lukman. Rekonstruksi Etika Bisnis: Perspektif Al-Quran, Jurnal : Iqtisad Journal of Islamic Economics, Volume 4 Nomor 1 Maret 2003.
  15. Fauzan, Ida N. Pengaruh Penerapan Etika Bisnis Islam Terhadap Kepuasan Pelanggan Warung Bebek H. Slamet di Kota Malang. Jurnal: Modernisasi, Volume 10 Nomor 1 Februari 2014.
  16. Harto Dedy, Sulistya Rini, M Nur Utomo dan Meylin Rahmawati. Penerapan Marketing Berbasis Online Dalam Meningkatkan Omset Usaha Pada UMKM Kota Tarakan. Jurnal Pengabdian dan Pemberdayaan Masyarakat, Volume 3 No 1 Maret 2019.
  17. Himawan, Asep Saifulloh dan Sugeng Santoso. Analisa dan Perancangan Sistem Informasi Penjualan Online (Ecommerce) pada CV Selaras Batik Menggunakan Analisis Deskriptif. Scientific Journal of Informatics, Volume 1 No. 1 Mei 2014.
  18. Idri. 2015. Hadis Ekonomi, Ekonomi Dalam Persepektif Islam Hadis Nabi. Jakarta : Prenadamedia Group.
  19. Indri dan Titik Triwulan Rutik. 2008. Prinsip-prinsip Ekonomi Islam. Jakarta : Lintas Pustaka Publisher.
  20. Jatmika Sunu, Tria Aprilianto, Broto Poernomo Tri Prasetyo. E-Marketing Dengan Media Jejaring Sosial Untuk Meningkatkan Omset. Seminar Nasional Sistem Informasi. Fakultas Teknologi UNMER Malang. 14 September 2017.
  21. K.Bertens. 2000. Pengantar Etika Bisnis. Yogyakarta: Kanisius.
  22. Lesmono Ibnu Dwi. Pengaruh Penggunaan E-commerce Bagi Pengembangan Usaha Kecil Menengah (UKM)ngan Pendekatan Technology Acceptance Model. Jurnal Evolusi Vol. III No. 1 Maret 2015.
  23. Makmur, Rakhmat. 2016. Bisnis Online Mengenall, Memulai, dan Mengelola Bosnos Online Melalui Berbagai Media seperti: Internet, Twitter, Facebook, Whatsapp, Line, BBM, Path, Instagram, Pinterest dan lain-lainya. Informatika.
  24. Magdalena Merry. 2015. 10 Tips dan Trik Jualan Online. Jakarta : Grasindo.
  25. Muhammad. 2004. Etika Bisnis Islami. UPP AMP YKPN.
  26. Nasuka, Moh. Etika Penjualan dalam Perspektif Islam. Jurnal: Muqtasid, Volume 3 Nomor 1 Juli 2012.
  27. Nissa Nurfitria, Retno Hidayat. 2015. Jurnal Omzet Penjualan Berdasarkan Jenis Hajatan Dan Waktu. Vol. x, No. 6 Maret-April.
  28. Nuryana Ida, Fauzan. Pengaruh Penerapan Etika Bisnis Islam Terhadap Kepuasan Pelanggan Warung Bebek H. Slamet di Kota Malang. Jurnal Modernisasi, Vol 1 Nomor 1 2014.
  29. Republika. “Profil Perusahaan Tokopedia dan Kisah Pendirinya”, dikutip dari http:/republika.com/2016/10/profil-perusahaan-tokopedia-dan-kisah-pendirinya pada hari Selasa 25 Desember 2018 jam 12:56 WIB.
  30. Saputra M. Irwan, Suharyono, Kadarisman Hidayat. Jurnal Administrasi Bisnis (JAB)|Vol. 38 No. 1 September 2016.
  31. Tim Penerjemah Al Quran UII. 1991. Al-Qur’an danTafsir. Yogyakarta: UII Press.
  32. Tokopedia https://www.tokopedia.com/about/ diakses pada 26 Desember 2018 jam 19.30
  33. Top Community https://seller.tokopedia.com/edu/top-community/diakses pada 26 Desember 2018 jam 19.32
  34. Wikipedia “Tokopedia” https://id.wikipedia.org/wiki/Tokopedia diakses pada 26 Desember 2018 jam 19.31