Main Article Content

Abstract

Abstract  

Introduction: Acute respiratory infection is common among the general public. Such disease and its associated symptoms encourage higher consumption of medicine. Varied medications for ARI patients incur different costs of each patient, which eventually lead to higher healthcare costs.

Objectives: To identify the treatment patterns and direct medical costs among ARI pediatric patients at X Hospital in Jambi. 

Methods: This research was an observational study with retrospective data collection. The samples were collected in 2018.

Results: The results showed that the most-frequently administered antibiotic for ARI pediatric patients was cefixime (29.17%), while the most-commonly used supportive therapy for ARI pediatric patients was the combination of antihistamines, antipyretics-analgesics, decongestant, and corticosteroid (16.67%). The total direct medical cost to ARI pediatric patients was IDR 191,097.

Conclusion: The mean direct medical cost for ARI therapy was IDR 191,097. More administered therapy resulted in higher medical costs.

Keywords: ARI, child, antibiotics, direct medical costs

 

Intisari

Latar belakang: Infeksi saluran pernafasan akut merupakan penyakit yang umum terjadi pada setiap kalangan masyarakat. Infeksi saluran pernafasan akut dan juga gejala yang di timbulkannya mengakibatkan tinggi nya penggunaan obat-obatan. Bervariasinya obat yang di konsumsi oleh pasien ISPA menyebabkan pembebanan biaya yang beragam dari setiap pasien yang pada akhirnya akan mempengaruhi beban biaya kesehatan yang akan ditanggung.

Tujuan: Untuk mengetahui pola pengobatan dan biaya medis langsung pasien ISPA anak rawat jalan di Rumah Sakit X Jambi.

Metode: Penelitian ini merupakan penelitian observasional dengan pengumpulan data dilakukan secara retrospektif. Sampel diambil pada tahun 2018.   

Hasil: Hasil penelitian didapatkan bahwa antibiotik yang paling banyak digunakan pada pasien anak penderita ISPA adalah sefiksim sebesar 29,17%. Sedangkan terapi suportif yang paling banyak digunakan untuk pasien anak ISPA adalah kombinasi golongan antihistamin, antipiretik analgetik, dekongestan, kortikosteroid sebanyak 16,67%. Biaya total rata-rata medis langsung pada pasien ISPA anak rawat jalan yaitu sebesar Rp. 191.097.

Kesimpulan: Biaya medis langsung yang harus dikeluarkan untuk terapi pada penyakit ISPA yaitu rata-rata sebesar Rp. 191.097. Semakin banyak terapi yang di berikan maka semakin tinggi pula biaya yang akan dikeluarkan.

Kata kunci: ISPA, anak, antibiotik, biaya medis langsung

Article Details