Main Article Content

Abstract

Banyaknya jumlah stasiun radio FM dan keterbatasan alokasi frekuensi radio FM mengharuskan penggunaan alokasi frekuensi radio tersebut diatur sesuai dengan yang berlaku dari International Telecommunication Union (ITU). Dengan adanya aturan tersebut, spektrum frekuensi radio juga memerlukan pengawasan secara periodik sekaligus untuk penertiban penggunaannya. Penertiban dilakukan secara periodik supaya penggunaan spektrum frekuensi tetap sesuai dengan aturan yang berlaku. Oleh sebab itu, sistem pemetaan dan pengawasan spektrum frekuensi radio FM berbasis Sistem Informasi Geografis (SIG) untuk
pengukuran spektrum frekuensi radio FM dibuat.
Sistem pengukuran spektrum frekuensi radio FM ini terdiri dari dua proses utama yaitu komunikasi spectrum analyzer (SPA) dengan laptop dan pengolahan data dari SPA yang ditampilkan dengan program visual. Komunikasi SPA dengan laptop digunakan untuk memperoleh file *.txt dan file *.bmp atau *.jpg. Pengolahan data digunakan untuk mengonversi file *.txt menjadi file *.xls.
Program pengukuran spektrum frekuensi radio FM berhasil direalisasikan. Komunikasi antara SPA GwInstek dengan laptop berhasil dilakukan yang menghasilkan file *.txt dan *.bmp atau *.jpg. Program SPA GwInstek berhasil mengolah file *.txt menjadi file *.xls. Tampilan akhir gambar dari program SPA GwInstek adalah file *.bmp atau *.jpg hasil pengukuran SPA GwInstek.

Article Details