Main Article Content

Abstract

Program studi (prodi) teknik informatika merupakan prodi dengan peminat yang banyak. Sehingga perlu adanya perhatian terhadap hal-hal yang mempengaruhi kesuksesan mahasiswa dalam belajar. Salah satunya adalah budaya. Makalah ini memaparkan desain penelitian budaya mahasiswa teknik informatika.
Metodologi yang digunakan terdiri dari metode etnografi (meliputi wawancara dan observasi) untuk mengetahui budaya mahasiswa; metode survey digunakan untuk memvalidasi budaya akademik mahasiswa; dan metode data mining untuk penentuan responden dan prestasi akademik mahasiswa.
Pengamatan budaya dilakukan pada mahasiswa jurusan teknik informatika, Universitas Teknologi Yogyakarta (UTY) tingkat 3. Hasilnya divalidasi dengan mennggunakan panel evaluation. Pengamatan budaya juga dilakukan pada mahasiswa tingkat 2 yang berada dalam lingkungan yang ada program studi ilmu sosialnya. Hasilnya dibandingkan dengan hasil pengamatan tingkat 3 untuk mengetahui perbedaannya. Untuk mengetahui pengaruh perubahan budaya terhadap prestasi akademik dilakukan dengan menghitung indeks prestasi mahasiswa tingkat 2 dan 3 di UTY menggunakan metode statistika korelasi.

Article Details