Isi Artikel Utama

Abstrak

Perkembangan teknologi internet yang begitu pesat ini, kini banyak melahirkan berbagai jenis media sosial. Hal ini didukung pula dengan perkembangan teknologi telepon selular yang menyediakan fasilitas bagi pengguna media sosial ini. Media sosial ini menjadi sangat populer karena memberikan kemudahan-kemudahan dalam melakukan komunikasi. sehingga mempengaruhi dalam hal berbisnis melalui penggunaan media sosial yang sangat luas oleh pelaku UMKM yang berada di indonesia. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui dan menyelidiki faktor-faktor dari teknologi dengan variabel manfaat relatif, kompatibilitas, efektivitas biaya, jaminan struktural, dan interaktivitas dalam penggunaan media sosial dan dampaknya bagi kinerja UMKM. Pelaksanaan penelitian disebarkan disebarkan dengan metode survei item kuesioner tertutup dan teknik purposive sampling di wilayah Kota Surakarta, Kabupaten Boyolali dan Kabupaten Klaten yang memperoleh 50 responden. Pengujian dalam penelitian ini menggunakan metode PLS-SEM dengan aplikasi SmartPLS versi 4.0. Hasil yang diperoleh dari penelitian ini menunjukkan bahwa variabel manfaat relatif, jaminan struktural, dan interaktivitas tidak memberikan pengaruh positif terhadap penggunaan media sosial, sedangkan variabel kompabilitas dan efektivitas biaya memberikan pengaruh positif terhadap penggunaan media sosial serta variabel penggunaan media sosial tidak memberikan pengaruh secara positif terhadap kinerja UMKM. Pelaku UMKM dapat menggunakan hasil penelitian ini sebagai sumber referensi dalam mengembangkan usaha dengan mempertimbangkan pengaruh manfaat relatif, kompabilitas, efektivitas biaya, jaminan struktural dan interaktivitas dalam penggunaan media sosial serta memberikan gambaran kinerja yang dicapai.


Kata kunci: Manfaat Relatif, Kompabilitas, Efektivitas Biaya, Jaminan Struktural, Interaktivitas, Penggunaan Media Sosial, Kinerja UMKM

Rincian Artikel

Cara Mengutip
Sahputra, A., & Darmawan, B. A. (2023). Faktor-Faktor Teknologi dalam Adopsi Media Sosial dan Dampaknya bagi Kinerja UMKM. Selekta Manajemen: Jurnal Mahasiswa Bisnis & Manajemen, 2(1), 55–68. Diambil dari https://jurnal.uii.ac.id/selma/article/view/27698

Referensi

  1. Ahmad, S.Z., Abu Bakar, A.R. dan Ahmad, N. (2019) “Social media adoption and its impact on firm performance: the case of the UAE,” International Journal of Entrepreneurial Behavior & Research, 25(1), hal. 84–111. Tersedia pada: https://doi.org/10.1108/IJEBR-08-2017-0299.
  2. Ainin, S. et al. (2015) “Factors influencing the use of social media by SMEs and its performance outcomes,” Industrial Management & Data Systems, 115(3), hal. 570–588. Tersedia pada: https://doi.org/10.1108/IMDS-07-2014-0205.
  3. Alma, B. (2014) Manajemen Pemasaran & Pemasaran Jasa. 14 ed. Bandung: Alfabeta.
  4. Apigian, C.H. et al. (2005) “Internet Technology: The Strategic Imperative,” Journal of Electronic Commerce Research, 6(2), hal. 123–145. Tersedia pada: http://jecr.ecrc.nsysu.edu.tw/sites/default/files/06_2_p04_0.pdf.
  5. Aspasia, V. dan Ourania, N. (2014) “Social Media adoption and managers’ perceptions,” International Journal of Strategic Innovative Marketing, 1(2), hal. 61–63. Tersedia pada: https://doi.org/10.15556/IJSIM.01.02.001.
  6. Bastian, I. (2001) Akuntansi Sektor Publik. 1 ed. Yogyakarta: BPFE.
  7. Chiu, H.-J. et al. (2015) “A cost-effective PWM dimming method for LED lighting applications,” International Journal of Circuit Theory and Applications, 43(3), hal. 307–317. Tersedia pada: https://doi.org/https://doi.org/10.1002/cta.1940.
  8. Chong, A.Y.-L. dan Chan, F.T.S. (2012) “Structural equation modeling for multi-stage analysis on Radio Frequency Identification (RFID) diffusion in the health care industry,” Expert Systems with Applications, 39(10), hal. 8645–8654. Tersedia pada: https://doi.org/https://doi.org/10.1016/j.eswa.2012.01.201.
  9. Dillon, P.M. dan Leonard, D.C. (1998) Multimedia and the Web from A to Z. 2 ed. Phoenix: Greenwood Publishing Group-Oryx Press.
  10. Egea, J.M.O. dan González, M.V.R. (2011) “Explaining physicians’ acceptance of EHCR systems: An extension of TAM with trust and risk factors,” Computers in Human Behavior, 27(1), hal. 319–332. Tersedia pada: https://doi.org/https://doi.org/10.1016/j.chb.2010.08.010.
  11. Gelinas Jr., U.J., Dull, R.B. dan Wheeler, P.R. (2012) Accounting Information Systems. 9 ed. Natorp Boulevard Mason, USA: South-Western Cengage Learning.
  12. Gunelius, S. (2011) 30-Minute Social Media Marketing: Step-By-Step Techniques to Spread the Word about Your Business. New York: McGraw-Hill.
  13. Hair Jr., J.F. et al. (2016) A Primer on Partial Least Squares Structural Equation Modeling (PLS-SEM). 2 ed. Los Angeles: SAGE Publications, Inc.
  14. Kaplan, A.M. dan Haenlein, M. (2010) “Users of the world, unite! The challenges and opportunities of Social Media,” Business Horizons, 53(1), hal. 59–68. Tersedia pada: https://doi.org/https://doi.org/10.1016/j.bushor.2009.09.003.
  15. Kotler, P. dan Keller, K.L. (2006) Marketing Management. 12 ed. Upper Saddle River, NJ: Pearson Education.
  16. Kotler, P. dan Keller, K.L. (2016) Marketing Management. London: Pearson Education.
  17. Lee, S. dan Cho, M. (2011) “Social Media Use in a Mobile Broadband Environment: Examination of Determinants of Twitter and Facebook Use,” International Journal of Mobile Marketing, 6(2), hal. 71–87. Tersedia pada: https://www.researchgate.net/profile/Moonhee-Cho/publication/264933504_Social_media_use_in_a_mobile_broadband_environment_Examination_of_determinants_of_Twitter_and_Facebook_use/links/566c4ee808ae62b05f0868d4/Social-media-use-in-a-mobile-broadband-environment-Examination-of-determinants-of-Twitter-and-Facebook-use.pdf.
  18. Lee, Y. dan Kozar, K.A. (2009) “Designing usable online stores: A landscape preference perspective,” Information & Management, 46(1), hal. 31–41. Tersedia pada: https://doi.org/https://doi.org/10.1016/j.im.2008.11.002.
  19. Limanseto, H. (2021) UMKM Menjadi Pilar Penting dalam Perekonomian Indonesia, Kementerian Koordinator Bidang Perekonomian Republik Indonesia. Tersedia pada: https://ekon.go.id/publikasi/detail/2969/umkm-menjadi-pilar-penting-dalam-perekonomian-indonesia (Diakses: 15 Februari 2023).
  20. Liu, Y. dan Shrum, L.J. (2002) “What is Interactivity and is it Always Such a Good Thing? Implications of Definition, Person, and Situation for the Influence of Interactivity on Advertising Effectiveness,” Journal of Advertising, 31(4), hal. 53–64. Tersedia pada: https://doi.org/10.1080/00913367.2002.10673685.
  21. Mardiasmo (2002) Akuntansi Sektor Publik. Yogyakarta: Andi.
  22. McKnight, D.H., Choudhury, V. dan Kacmar, C. (2002) “The impact of initial consumer trust on intentions to transact with a web site: a trust building model,” The Journal of Strategic Information Systems, 11(3), hal. 297–323. Tersedia pada: https://doi.org/https://doi.org/10.1016/S0963-8687(02)00020-3.
  23. Mndzebele, N. (2013) “The Effects of Relative Advantage, Compatibility and Complexity in the Adoption of EC in the Hotel Industry,” International Journal of Computer and Communication Engineering, 2(4), hal. 473–476. Tersedia pada: https://doi.org/10.7763/ijcce.2013.v2.229.
  24. Mohamad, N. dan Ishak, M.S. (2013) “Pengaruh Faktor Teknologi terhadap Hubungan antara Faktor Organisasi dengan Penerimaan Media Sosial dalam Pemasaran Penginapan Bajet,” in Kuala Terengganu: Terengganu International Tourism Conference 2013 (TITC2013). Kuala Terengganu: Kertas kerja dibentangkan di Terengganu International Tourism Conference.
  25. Mulyadi (2014) Akuntansi Biaya. 5 ed. Yogyakarta: UPP-STIM YKPN.
  26. Muriithi, S.M. (2017) “African Small and Medium Enterprises (SMEs) Contributions, Challenges and Solutions,” European Journal of Research and Reflection in Management Sciences, 5(1), hal. 36–48. Tersedia pada: http://repository.daystar.ac.ke/handle/123456789/3613.
  27. Mustakini, J.H. (2005) Analisis & Desain: Sistem Informasi: Pendekatan Terstruktur teori dan Praktik Aplikasi Bisnis. Yogyakarta: Andi Offset.
  28. Nasrullah, R. (2017) Media Sosial: Perspektif Komunikasi, Budaya dan Sosioteknologi. 4 ed. Diedit oleh N.S. Nurbaya. Bandung: Simbiosa Rekatama Media.
  29. Ndekwa, A.G. dan Katunzi, T.M. (2016) “Small and Medium Tourist Enterprises and Social Media Adoption: Empirical Evidence from Tanzanian Tourism Sector,” International Journal of Business and Management, 11(4), hal. 71–80. Tersedia pada: https://doi.org/10.5539/ijbm.v11n4p71.
  30. Omowunmi, K.-A. (2015) CHOOSING AND IMPLEMENTING CRM SYSTEM FOR A SERVICE COMPANY: Nordmaja OÜ. HAMK University of Applied Sciences. Tersedia pada: https://www.theseus.fi/handle/10024/87351.
  31. Park, C.-H. dan Kim, Y.-G. (2006) “The effect of information satisfaction and relational benefit on consumers’ online shopping site commitments,” Journal of Electronic Commerce in Organizations (JECO), 4(1), hal. 70–90. Tersedia pada: https://doi.org/10.4018/jeco.2006010105.
  32. Qalati, S.A. et al. (2021) “A mediated model on the adoption of social media and SMEs’ performance in developing countries,” Technology in Society, 64, hal. 101513. Tersedia pada: https://doi.org/https://doi.org/10.1016/j.techsoc.2020.101513.
  33. Ravianto, J. (2014) Produktivitas dan Pengukuran. Jakarta: Binaman Teknika Aksara.
  34. Rogers, E.M. (1983) Diffusion of Innovation. 3 ed. New York: The Free Press.
  35. Tajudeen, F.P., Jaafar, N.I. dan Ainin, S. (2018) “Understanding the impact of social media usage among organizations,” Information & Management, 55(3), hal. 308–321. Tersedia pada: https://doi.org/https://doi.org/10.1016/j.im.2017.08.004.
  36. Thomason, S.J., Simendinger, E. dan Kiernan, D. (2013) “Several determinants of successful coopetition in small business,” Journal of Small Business & Entrepreneurship, 26(1), hal. 15–28. Tersedia pada: https://doi.org/10.1080/08276331.2012.761800.
  37. Wang, Y.-M., Wang, Y.-S. dan Yang, Y.-F. (2010) “Understanding the determinants of RFID adoption in the manufacturing industry,” Technological Forecasting and Social Change, 77(5), hal. 803–815. Tersedia pada: https://doi.org/https://doi.org/10.1016/j.techfore.2010.03.006.

Artikel paling banyak dibaca berdasarkan penulis yang sama