Main Article Content

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis pengaruh kualitas produk & kualitas pelayanan terhadap kepuasan pelanggan coffee on the bus di Yogyakarta (PO Rejeki Transport), serta menganalisis pengaruh secara simultan kualitas produk dan kualitas pelayanan terhadap kepuasan pelanggan coffee on the bus (PO Rejeki Transport) di Yogyakarta. Sampel yang diambil adalah konsumen coffee on the bus (PO Rejeki Transport) di Kota Yogyakarta. Jumlah sampel dalam penelitian ini sebanyak 96 konsumen coffee on the bus di Yogyakarta. Metode analisis data yang digunakan adalah analisis regresi linear berganda yang diolah menggunakan software IBM SPSS Statistiscs 23. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa: (1) Kualitas produk tidak memiliki pengaruh signifikan pada kepuasan pelanggan coffee on the bus di Yogyakarta; (2) kualitas pelayanan memiliki pengaruh signifikan pada kepuasan pelanggan coffee on the bus di Yogyakarta; (3) kualitas produk dan kualitas pelayanan memiliki pengaruh secara simultan pada kepuasan pelanggan coffee on the bus (PO Rejeki Transport) di Yogyakarta.

Keywords

kualitas produk kualitas pelayanan kepuasan pelanggan kualitas produk kualitas pelayanan kepuasan pelanggan

Article Details

How to Cite
Wardhana, I. K., & Hasin, A. (2024). Pengaruh Kualitas Produk & Kualitas Pelayanan terhadap Kepuasan Pelanggan Coffee on The Bus di Yogyakarta (PO Rejeki Transport). Selekta Manajemen: Jurnal Mahasiswa Bisnis & Manajemen, 2(6), 1–11. Retrieved from https://jurnal.uii.ac.id/selma/article/view/30305

References

  1. Afnina dan Hastuti, Y. (2018) “Pengaruh Kualitas Produk terhadap Kepuasan Pelanggan,” Jurnal Samudra Ekonomi Dan Bisnis, 9(1), hal. 21–30. Tersedia pada: https://doi.org/10.33059/jseb.v9i1.458.
  2. Ahimsa, R. (2020) Coffee On The Bus, Cara Baru Ngopi sambil Keliling Kota Yogyakarta, IDN Times Jogja. Tersedia pada: https://jogja.idntimes.com/travel/destination/rijalu-ahimsa-1/coffee-on-the-bus-cara-baru-ngopi-sambil-keliling-kota-yogyakarta (Diakses: 25 Agustus 2023).
  3. Cahyani, F.G. dan Sitohang, S. (2016) “PENGARUH KUALITAS PRODUK, KUALITAS PELAYANAN DAN HARGA TERHADAP KEPUASAN KONSUMEN,” Jurnal Ilmu dan Riset Manajemen, 5(3), hal. 1–19. Tersedia pada: http://jurnalmahasiswa.stiesia.ac.id/index.php/jirm/article/view/527.
  4. Engel, J.F., Blackwell, R.D. dan Miniard, P.W. (1994) Perilaku Konsumen. 6 ed. Jakarta: Binarupa Aksara.
  5. Heizer, J. dan Render, B. (2015) Manajemen Operasi: Manajemen Keberlangsungan dan Rantai Pasokan. 11 ed. Jakarta: Salemba Empat.
  6. Karim, R. Al dan Chowdhury, T. (2014) “CUSTOMER SATISFACTION ON SERVICE QUALITY IN PRIVATE COMMERCIAL BANKING SECTOR IN BANGLADESH,” British Journal of Marketing Studies, 2(2), hal. 1–11. Tersedia pada: https://eajournals.org/bjms/vol-2issue-2june-2014/customer-satisfaction-service-quality-private-commercial-banking-sector-bangladesh/.
  7. Khairusy, M.A. dan Febriani, R. (2020) “PENGARUH KUALITAS PRODUK DAN KUALITAS PELAYANAN TERHADAP KEPUASAN PELANGGAN (Survey pada pelanggan KFC Store Merdeka Bandung),” Jurnal Manajemen Dan Bisnis Baja (Jumanis Baja), 2(1), hal. 19–30. Tersedia pada: https://doi.org/10.47080/10.47080/vol1no02/jumanis.
  8. Kotler, P. dan Armstrong, G. (2014) Principles of Marketing. 15 ed. Essex: Pearson Education Limited.
  9. Kotler, P. dan Keller, K.L. (2016) Marketing Management. 15 ed. London: Pearson Education Limited.
  10. Le, D.N., Nguyen, H.T. dan Truong, P.H. (2020) “Port logistics service quality and customer satisfaction: Empirical evidence from Vietnam,” The Asian Journal of Shipping and Logistics, 36(2), hal. 89–103. Tersedia pada: https://doi.org/10.1016/j.ajsl.2019.10.003.
  11. Mowen, J.C. dan Minor, M. (2002) Perilaku Konsumen. 5 ed. Jakarta: Erlangga.
  12. Nasution, T.I.S. dan Kurniawati, T. (2018) “PENGARUH KUALITAS PRODUK DAN KUALIATAS PELAYANAN TERHADAP KEPUASAN KONSUMEN PRODUK NISSAN GRAND LIVINA,” Jurnal Ecogen, 1(4), hal. 880–886. Tersedia pada: https://doi.org/10.24036/jmpe.v1i4.5667.
  13. Putro, S.W., Semuel, H. dan Brahmana, R.K.M.R. (2014) “Pengaruh Kualitas Layanan dan Kualitas Produk terhadap Kepuasan Pelanggan dan Loyalitas Konsumen Restoran Happy Garden Surabaya,” Jurnal Strategi Pemasaran, 2(1), hal. 1–9. Tersedia pada: https://publication.petra.ac.id/index.php/manajemen-pemasaran/article/view/1404/0.
  14. Radityasani, M.F. (2020) Mau Coba Ngopi di Bus Berjalan, Ini Daftar Bus dan Rutenya, KOMPAS.com. Diedit oleh A. Ferdian. Tersedia pada: https://otomotif.kompas.com/read/2020/07/10/163108215/mau-coba-ngopi-di-bus-berjalan-ini-daftar-bus-dan-rutenya (Diakses: 25 Agustus 2023).
  15. Tjiptono, F. (2015) Strategi Pemasaran. Yogyakarta: CV. Andi Offset.
  16. Windarti, T. dan Ibrahim, M. (2017) “PENGARUH KUALITAS PRODUK DAN KUALITAS PELAYANAN TERHADAP KEPUASAN KONSUMEN PRODUK DONAT MADU (Studi Pada Konsumen CV. Donat Madu Cihanjuang-Pekanbaru),” Jurnal Online Mahasiswa Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik, 4(2), hal. 1–10. Tersedia pada: https://jom.unri.ac.id/index.php/JOMFSIP/article/view/15256.
  17. Yamit, Z. (2010) Manajemen Kualitas Produk dan Jasa. 1 ed. Yogyakarta: Ekonisia.

Most read articles by the same author(s)

1 2 > >>