Main Article Content

Abstract

Jumlah pengguna media sosial TikTok di Indonesia saat ini melebihi dari 30 juta. Pengguna terdiri dari berbagai kalangan, tidak terkecuali kalangan mahasiswa Islam. Dari beragam akun yang bertebaran, beberapa di antaranya adalah akun TikTok yang fokus dengan kajian keislaman. Intensitas penggunaan media sosial TikTok yang kaya dengan fitur-fitur di dalamnya ini tentu memiliki bermacam dampak terhadap perilaku islami mahasiswa. Penelitian kualitatif jenis studi kasus ini hadir dengan tujuan untuk mengkaji dampak penggunaan media sosial TikTok terhadap perilaku islami mahasiswa di Yogyakarta. Pengambilan data dilakukan dengan wawancara mendalam terhadap 10 mahasiswa yang aktif dalam organisasi/lembaga keislaman, seperti HMI, PMII, Jama’ah Al-Faraby, Keluarga Mahasiswa Islam Kehutanan, Dakwah Hijrah Mahasiswa, MARCOM, Hawasi, El-Markazi, Excellent Community, dan BEM. Partisipan terdiri dari mahasiswa laki-laki dan perempuan yang memiliki akun dan menggunakan media sosial TikTok. Jenis wawancara yang digunakan dalam penelitian ini adalah wawancara mendalam (in-depth interview) semi terstruktur. Data hasil wawancara dalam bentuk transkrip akan dianalisis secara tematik. Hasil dari penelian ini adalah meski Tiktok memiliki pengaruh negatif karena dilenakan oleh waktu, penundaan pekerjaan, tugas, kemudian rasa malas. Tetapi banyak sekali mahasiswa yang lebih memanfaatkan aplikasi TikTok untuk mencari informasi, mengenai berbgai hal, sehingga adanya pengaruh positif Aplikasi TikTok terhadap perilaku islami mahasiswa dan banyak hal-hal baru yang diketahui dari segi pengetahuan umum, keagamaan sampai pada bisnis.

Keywords

TikTok Perilaku Islami Mahasiswa Yogyakarta

Article Details

References

  1. Aji, Wisnu Nugroho. “Aplikasi Tiktok Sebagai Media Pembelajaran Bahasa Dan Sastra Indonesia.” Prosiding Seminar Nasional Pertemuan Ilmiah Bahasa Dan Sastra Indonesia 431 (2018): 431–40.
  2. Arrofi, A, and N Hasfi. “Memahami Pengalaman Komunikasi Orang Tua–Anak Ketika Menyaksikan Tayangan Anak-Anak Di Media Sosial Tik Tok.” Interaksi Online 7, no. 3 (2019): 1–6. https://ejournal3.undip.ac.id/index.php/interaksi-online/article/view/24143.
  3. Gunandha, Reza. “Ustaz Maaher: Main TikTok Haram, Penggunanya Pelacur Dan Bencong.” Suara.Com, November 2020. https://www.suara.com/news/2020/11/14/142700/ustaz-maaher-main-tiktok-haram-penggunanya-pelacur-dan-bencong?page=all.
  4. Harrison, Helena, Melanie Birks, Richard Franklin, and Jane Mills. “Case Study Research: Foundations and Methodological Orientations.” Forum Qualitative Sozialforschung 18, no. 1 (2017). https://doi.org/10.17169/fqs-18.1.2655.
  5. Hartaji, R. Damar Adi. “Jurusan Pilihan Orang Tua R . Damar Adi Hartaji , S . Psi Fakultas Psikologi Universitas Gunadarma Menurut Woolfolk Pengertian Motivasi Berprestasi Sebagai Suatu Keinginan Untuk Berhasil , Berusaha Keras Dan Mengungguli Orang Lain Berdasarkan Suatu Standa.” R. Damar Adi Hartaji, 2009, 5.
  6. Hasiholan, Togi Prima, Rezki Pratami, and Umaimah Wahid. “Pemanfaatan Media Sosial Tik Tok Sebagai Media Kampanye Gerakan Cuci Tangan Di Indonesia Untuk Mencegah Covid-19.” Communiverse : Jurnal Ilmu Komunikasi 5, no. 2 (2020): 70–80. https://doi.org/10.36341/cmv.v5i2.1278.
  7. Khosyatillah, Alfin. Dampak Media Sosial Terhadap Perilaku Keagamaan (Studi Kasus 7 Mahasiswa Jurusan Studi Agama Fakultas Ushuluddin Dan Filsafat Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya), 2018.
  8. Marini, Riska. Pengaruh Media Sosial Tik Tok Terhadap Prestasi Belajar Peserta Didik Di SMPN 1 Gunung Sugih Lab. Lampung Tengah, 2019.
  9. Miles, Michel Huberman. A & Matthew B. Analisis Data Kualitatif. Jakarta: Universitas Indonesia, 1998.
  10. Mts, D I, A L Ittihadiyah, and Galuhtimur Tonjong. “Jurusan Manajemen Pendidikan Islam Fakultas Tarbiyah Dan Ilmu Keguruan Institut Agama Islam Negeri ( Iain ) Purwokerto,” 2018.
  11. Nurrahmi, Febri, and Puteri Farabuana. “Efektivitas Dakwah Melalui Instagram.” Nyimak: Journal of Communication 4, no. 1 (2020): 1. https://doi.org/10.31000/nyimak.v4i1.2326.
  12. Pebrianto, Fajar. “Harapan Sandiaga Uno Untuk 30,7 Juta Pengguna TikTok Di Indonesia.” TEMPO.CO, 2021. https://bisnis.tempo.co/read/1428311/harapan-sandiaga-uno-untuk-307-juta-pengguna-tiktok-di-indonesia/full&view=ok.
  13. Riza, Angga. “Viral Video TikTok Remaja Di Bali Diduga Hina Islam, Akhirnya Minta Maaf.” DetikNews, September 2020. https://news.detik.com/berita/d-5180516/viral-video-tiktok-remaja-di-bali-diduga-hina-islam-akhirnya-minta-maaf.
  14. Sugiyono. Metode Penelitian Kombinasi(Mixed Methods). Edited by Sutopo. Bandung: Alfabeta, 2014.
  15. Taubah, Miftachul. “Aplikasi Tik Tok Sebagai Media Pembelajaran Maharah Kalam.” Mu’allim Jurnal Pendidikan Islam 2, no. 1 (2020): 57–66. https://jurnal.yudharta.ac.id/v2/index.php/muallim/article/download/2201/1610.