Main Article Content

Abstract

Kepuasan pengguna merupakan salah satu tujuan yang harus dicapai dalam menjalankan pelayanan perpustakaan. Kepuasan pengguna dapat diukur dari pelayanan yang diberikan oleh pustakawannya. Pelayanan pustakawan merupakan bagian dari kinerja pustakawan. Seorang pustakawan seharusnya bisa memberikan pelayanan yang baik untuk pengguna perpustakaan. Studi ini bertujuan untuk mengetahui sejauh mana hubungan kinerja pustakawan dengan kepuasan pengguna di Perpustakaan SMK Negeri 1 Ngablak. Metode yang digunakan untuk mendapatkan data ialah melalui wawancara yang dilakukan terhadap 30 siswa. Hasil yang didapatkan adalah, secara keseluruhan kualitas layanan di perpustakaan SMK Negeri 1 Ngablak sudah memberikan kepuasan pada pengguna perpustakaan. Kinerja pustakawan dianggap sudah cukup bagus dan memuaskan para pengguna perpustakaan. Faktor yang dianggap sebagai penyebab rendahnya kepuasan pengguna berasal dari luar, yaitu pihak sekolah secara umum. Kesimpulan yang dapat diambil dari studi ini ialah, semakin baik kinerja pustakawan maka semakin tinggi tingkat kepuasan pengguna di Perpustakaan SMK Negeri 1 Ngablak.

Keywords

pelayanan perpustakaan kinerja pustakawan kepuasan pengguna perpustakaan

Article Details