Main Article Content

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui hubungan inovasi produk, desain produk dan kualitas produk terhadap keunggulan bersaing. Jenis penelitian yang digunakan adalah kuantitatif. Populasi dalam penelitian ini adalah Pengguna Produk IKEA. Metode pengambilan sampel dalam penelitian ini menggunakan metode purposive sampling, dimana kriteria sampel yang digunakan adalah pernah membeli produk IKEA, sedang menggunakan produk IKEA, dan pernah menggunakan produk IKEA. Penelitian ini menggunakan data primer yang diperoleh dari kuesioner berisi 36 pertanyaan dengan sampel yang digunakan sebesar 100 responden. Penelitian ini menggunakan metode analisis regresi linear berganda dengan bantuan software SPSS 25 for windows. Hasil Membuktikan bahwa inovasi produk, desain produk dan kualitas produk berpengaruh signifikan terhadap keunggulan bersaing.

Keywords

inovasi produk desain produk kualitas produk keunggulan bersaing

Article Details

How to Cite
Ajy, M. D. K., & Purnama, N. (2023). Pengaruh Inovasi Produk, Desain Produk, dan Kualitas Produk terhadap Keunggulan Bersaing IKEA. Selekta Manajemen: Jurnal Mahasiswa Bisnis & Manajemen, 2(1), 69–84. Retrieved from https://jurnal.uii.ac.id/selma/article/view/27363

References

  1. Akbar, E.R.V. (2019) Analisis Pengaruh Inovasi Produk dan Kualitas Produk terhadap Keunggulan Bersaing pada MC Donalds Yogyakarta. Universitas Islam Indonesia. Tersedia pada: https://dspace.uii.ac.id/handle/123456789/18333.
  2. Albors-Garrigos, J. (2009) “Innovation Management and New Product Development. By Paul Trott,” R&D Management, 39(2), hal. 226–228. Tersedia pada: https://doi.org/https://doi.org/10.1111/j.1467-9310.2009.00551_1.x.
  3. Awwad, A.S., Al Khattab, A.A. dan Anchor, J.R. (2013) “Competitive Priorities and Competitive Advantage in Jordanian Manufacturing,” Journal of Service Science and Management, 6(1), hal. 69–79. Tersedia pada: https://doi.org/10.4236/jssm.2013.61008.
  4. Bagaskara, T.Y. (2019) Pengaruh Inovasi Produk, Desain Produk, dan Kualitas Produk terhadap Keunggulan Bersaing pada Produk Woodenway. Universitas Islam Indonesia. Tersedia pada: https://dspace.uii.ac.id/handle/123456789/20648.
  5. Bisnis.com (2022) China Sulit Masuk pasar AS, eksportir Mebel Ekspor 2022 Naik, HIMKI Indonesia. Tersedia pada: https://www.himki-indonesia.com/post/view/332-id-china-sulit-masuk-pasar-as-eksportir-mebel-ekspor-2022-naik- (Diakses: 15 Februari 2023).
  6. Dreyfuss, H. (2003) Designing for People. New York: Allworth Press.
  7. Eldiana, N. (2019) Pengaruh Inovasi dan Desain Produk terhadap Keunggulan Bersaing pada Perusahaan Meubel di Tasikmalaya. Universitas Siliwangi. Tersedia pada: http://repositori.unsil.ac.id/5149/.
  8. Ellitan, L. dan Anatan, L. (2009) Manajemen Inovasi: Transformasi Menuju Organisasi Kelas Dunia. Bandung: Alfabeta.
  9. Evans, J.R. dan Dean Jr., J.W. (2003) Total Quality: Management, Organization and Strategy. Ohio: South-Western.
  10. Ghozali, I. (2016) Aplikasi Analisis Multivariete Dengan Program IBM SPSS 23. 8 ed. Semarang: Badan Penerbit Universitas Diponegoro Semarang.
  11. Ghozali, I. dan Ratmono, D. (2017) Analisis Multivariat Dan Ekonometrika : Teori, Konsep, dan Aplikasi dengan EViews 10. Semarang: Badan Penerbit Universitas Diponegoro.
  12. Goyal, S.K. dan Giri, B.C. (2001) “Recent trends in modeling of deteriorating inventory,” European Journal of Operational Research, 134(1), hal. 1–16. Tersedia pada: https://doi.org/https://doi.org/10.1016/S0377-2217(00)00248-4.
  13. Haryono, T. dan Marniyati, S. (2018) “Pengaruh Market Orientation, Inovasi Produk, Dan Kualitas Produk Terhadap Kinerja Bisnis Dalam Menciptakan Keunggulan Bersaing,” Jurnal Bisnis dan Manajemen, 17(2), hal. 51–68. Tersedia pada: https://doi.org/10.20961/jbm.v17i2.17174.
  14. Heizer, J. dan Render, B. (2010) Manajemen Operasi: Manajemen Keberlangsungan dan Rantai Pasokan. Jakarta: Salemba Empat.
  15. Kotler, P. dan Amstrong, G. (2008) Prinsip-prinsip Pemasaran Jilid 1. 12 ed. Jakarta: Erlangga.
  16. Kotler, P. dan Keller, K.L. (2016) Marketing Management. London: Pearson Education.
  17. Kurnia, E. (2017) “Pengaruh Atribut Produk Terhadap Keunggulan Bersaing Pada Pusat Sentra Jajanan Khas Oleh-Oleh Di Bengkel Perbaungan,” Kumpulan Jurnal Dosen Universitas Muhammadiyah Sumatera Utara, hal. 1–14. Tersedia pada: https://jurnal.umsu.ac.id/index.php/kumpulandosen/article/view/1506.
  18. Lestari, W.A., Budianto, A. dan Setiawan, I. (2020) “PENGARUH INOVASI DAN KUALITAS PRODUK TERHADAP KEUNGGULAN BERSAING (Suatu Studi pada Payung Geulis Mandiri Tasikmalaya),” Busines Management and Entrepreneurship Journal, 2(1), hal. 38–48. Tersedia pada: https://jurnal.unigal.ac.id/index.php/bmej/article/view/2451/3142.
  19. Narver, J.C. dan Slater, S.F. (1990) “The Effect of a Market Orientation on Business Profitability,” Journal of Marketing, 54(4), hal. 20–35. Tersedia pada: https://doi.org/10.1177/002224299005400403.
  20. Porter, M.E. (1985) Competitive Advantage: Creating and Sustaining Superior Performance. New York: The Free Press.
  21. Purnama, N. dan Setiawan, H. (2003) “Analisis Pengaruh Sumber-sumber Keunggulan Bersaing Bidang Pemasaran terhadap Kinerja Perusahaan Manufaktur di Indonesia,” Jurnal Siasat Bisnis, 2(8), hal. 105–130. Tersedia pada: https://doi.org/10.20885/jsb.vol2.iss8.art1.
  22. Qadri, Z.M. El (2009) Mengurai Variabel hingga Instrumentasi. 1 ed. Yogyakarta: Graha Ilmu.
  23. Sekaran, U. dan Bougie, R. (2017) Metode Penelitian Bisnis. 6 ed. Jakarta: Salemba Empat.
  24. Stamm, B. von (2008) Managing Innovation, Design and Creativity. 2 ed. Hoboken: John Wiley & Sons.
  25. Sugiyono (2016) Metode Penelitian: Kuantitatif, Kualitatif dan R&D. Bandung: Penerbit Alfabeta Bandung.
  26. Tjiptono, F. (2008) Strategi Pemasaran. 3 ed. Yogyakarta: Andi Offset.
  27. Ulrich, K.T. dan Eppinger, S.D. (2016) Product Design and Development. 6 ed. New York: McGraw-Hill Education.